Mon, 17 June 2024

“Street Workout” Strategi Kaum Urban Miliki Tubuh Bugar dan Berotot

Reporter: Agung Trilaksono | Redaktur: Maulida Madini | Dibaca 753 kali

Sun, 16 October 2016
Salah satu anggota Bandung Street Workout Addict (Barstard) Saat melakukan beberapa gerakan Street Workout diantaranya Pull UP, Muscle Up dan Back Lever. di JL. Taman Lapang Supratman, Bandung. Minggu (16/10/2016). (Jurnalpos/Agung Trilaksono).
Salah satu anggota Bandung Street Workout Addict (Barstard) Saat melakukan beberapa gerakan Street Workout diantaranya Pull UP, Muscle Up dan Back Lever. di JL. Taman Lapang Supratman, Bandung. Minggu (16/10/2016). (Jurnalpos/Agung Trilaksono).
Jurnalposmedia.com – Street Workout merupakan bentuk latihan Calisthenic dan Bodyweight Exercise yang biasanya dilakukan dilapangan terbuka. Calistehenic sendiri merupakan sebuah bentuk latihan yang terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama dan dilakukan tanpa menggunakan alat, sedangkan Bodyweight Exercise adalah latihan kekuatan yang tidak membutuhkan beban tambahan atau hanya menggunakan berat badan, praktisinya hanya sebagai perlawanan melakukan gerakan.

Tujuannya adalah meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas juga meningkatkan psikomotor seperti keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi.

Street workout dapat dilakukan dimanapun (tiang, lantai, kusen pintu dan kursi ), street workout ini sebelumnya lebih populer di luar negeri dan sekarang mulai ramai di indonesia yang di mulai di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, sampai akhirnya terus berkembang di kota-kota besar salah satunya Bandung.

Street workout di bandung sudah terbentuk 3 tahun yang lalu di Jalan Saparua, Bandung. Namun karena di tempat tersebut mengalami pembangunan, setahun ini pindah ke JL. Taman Lapang Supratman.

Pola latihan untuk pemula, diantaranya gerakan dasar seperti gerakan Push Up, Pull up ataupun Sit Up yang betul, khusus untuk wanita disana akan diajarkan oleh Lady Barstard (Wanita yang sudah lama terjun di komunitas), pola latihannya juga akan berbeda dengan pria. Street Workout sendiri dibentuk supaya kaum muda lebih termotifasi untuk hidup lebih positif, memanfaatkan masa muda dengan berolahraga, tanpa mengeluarkanan uang banyak kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

Kebanyakan orang yang datang awalnya penasaran ingin mengetahui apa sih komunitas Barstard itu? Setelah mencoba, banyak dari mereka merasakan hasil positifnya, dan akhirnya ketagihan kemudian mengajak teman-teman lainnya untuk bergabung latihan.

Bagi yang ingin bergabung, bisa datang langsung tanpa dipungut biaya. Jadwal latihan hari Senin-Jumat pukul 19.00 sampai 22.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00 sampai selesai.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments