Thu, 29 February 2024

Selain Kuliah, Ini 5 Aktivitas yang bisa Mahasiswa Lakukan

Reporter: Suryadi/Kontributor | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 279 kali

Fri, 3 June 2022
Sumber gambar : Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Menjadi mahasiswa tentu memiliki kesempatan yang lebar untuk mengembangkan potensi di perguruan tinggi. Selain dapat memperdalam ilmu pengetahuan, masa kuliah banyak menghadirkan kegiatan bermanfaat yang bisa diikuti di luar kelas.

Sangat disayangkan jika masa berkuliah hanya dihabiskan untuk belajar di dalam kelas saja. Padahal jadwal kuliah terbilang senggang dan fleksibel, sehingga waktu kosong bisa digunakan untuk kebebasan mahasiswa dalam mengembangakan minat dan bakatnya.

Pada dasarnya, tujuan berkuliah ialah untuk meningkatkan hard skill dan soft skill mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang aktif. Berikut ini lima hal yang bisa kamu lakukan selama kuliah selain belajar di kelas.

1. Aktif Berorganisasi

Ada banyak organisasi yang bisa kamu pilih saat memasuki perguruan tinggi. Organisasi bisa diikuti sejak semester awal, baik organisasi intra kampus maupun ekstra kampus.

Organisasi intra kampus mencakup Himpunan Mahasiswa Jurusan (Hima), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa/Khusus (UKM/UKK), dan organisasi lainya yang berada di kampus.

Manfaat mengikuti organisasi bagi mahasiswa, di antaranya dapat mempeluas relasi, melatih jiwa kepemimpinan, meningkatkan daya kritis, dan menjadi pengalaman yang berharga setelah lulus kuliah.

2. Mengikuti Kegiatan Relawan

Salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi ialah pengabdian. Maka kegiatan relawan sangat sejalan dengan visi dan misi kampus. Kegiatan relawan sangat disenangi mahasiswa karena bisa turun ke lapangan untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuannya secara langsung.

Banyak organisasi, yayasan, lembaga, dan swasta yang membuka kesempatan mahasiswa untuk menjadi relawan atau volunteer. Hal ini mahasiswa dianggap sebagai solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.

3. Mengikuti Program Magang

Jika kamu membuka media sosial pasti sering melihat informasi magang yang ditujukan untuk mahasiswa. Penyedia program magang biasanya mencantumkan keahlian atau jurusan yang sedang dibutuhkan.

Jika bidang yang sedang dicari sesuai keinginanmu, bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang perkuliahan. Magang memiliki banyak benefit di antaranya, menambah wawasan tentang dunia kerja, belajar manajemen waktu, menambah koneksi, bahkan mendapatakan uang saku.

4. Merintis Usaha

Mahasiswa memiliki pandangan yang luas dalam melihat sesuatu sehingga peluang yang dapat selalu bisa dimanfaatkan, contohnya membuka bisnis sambil berkuliah.

Di kampus, kamu pasti memiliki teman yang memiliki interest sama denganmu dalam hal berbisnis meskipun berbeda jurusan. Namun kalian sangat cocok berkolaborasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Misalnya, kamu jurusan tata boga yang senang dengan kuliner. Kamu bisa membuka usaha masakan yang disukai mahasiswa. Sedangkan, teman kamu dari jurusan manajemen pemasaran. Dalam hal ini, kamu sebagai produsennya dan temanmu sebagai orang yang akan memasarkannya.

5. Bekerja Part Time atau Freelance

Jadwal kuliah yang cenderung fleksibel bisa kamu manfaatkan untuk mencari tambahan penghasilan, baik kerja part time atau freelance. Sama seperti magang, perusahan, lembaga, atau instansi pemerintah banyak membuka peluang bagi mahasiswa untuk bekerja sesuai jurusan masing-masing.

Kuliah sambil bekerja tentu mendapatkan banyak keuntungan. Namun, kamu perlu mengatur waktu agar tidak mengganggu perkuliahan. Tetap prioritas utama sebagai seorang mahasiswa adalah belajar.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments