Thu, 23 May 2024

Selain Candi Borobudur, Berikut 4 Tempat Bersejarah yang Wajib Kamu Kunjungi

Reporter: Shafa Kaulah | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 337 kali

Thu, 1 January 1970
Suasana Tugu Yogya Menjelang Malam (Sumber: Flickr)

JURNAPOSMEDIA – Banyak orang mengatakan bahwa setiap sudut Kota Yogyakarta itu istimewa. Keistimewaannya tidak hanya berasal dari keindahan alam, tetapi juga berasal dari budaya, sejarah, kearifan lokal, kuliner dan lainnya. Tidak heran jika Yogyakarta kerapkali membuat pengunjungnya rindu ingin kembali kesana karena tidak ada kata “membosankan” saat berbicara tentang liburan di Yogya.

Berikut beberapa rekomendasi wisata Yogya ekonomis untuk kamu yang tertarik dengan Indonesia di Zaman Kerajaan untuk kalian nikmati setiap sudutnya:

  1. Taman Sari

Taman sari merupakan bangunan keraton lama yang didirikan sebagai tempat istirahat dan rekreasi sultan serta keluarga. Bangunannya memiliki gaya Portugis, namun kental dengan simbol-simbol Jawa. Taman Sari saat penjajahan dijadikan benteng perlindungan karena bangunannya yang tinggi dan kokoh. Didalamnya terdapat tiga buah kolam pemandian, gapura yang menawan, serta Sumur Gumuling yang berfungsi sebagai masjid bawah tanah serta tempat berlindung.

  1. Vort Vredeburg Museum

Museum yang merupakan benteng ini dibangun untuk menjaga keamanan keraton. Di dalam museum ini kalian bisa menemukan miniatur yang dirancang seperti keadaan di zaman dahulu. Selain miniatur kalian juga dapat melihat lukisan-lukisan.

  1. Candi Abang

Candi Abang merupakan candi yang terlihat seperti gundukan tanah di atas bukit yang merupakan candi Hindu yang terbuat dari batu bata merah. Di sekitar candi ini terdapat batu yoni yang menjelaskan bahwa candi ini peninggalan agama hindu dan juga terdapat batu yang menyerupai kodok.

  1. Goa Jepang

Tidak jauh dari Candi Abang, goa peninggalan Jepang pada perang dunia ke II ini masih sangat asli. Dibuat menjadi tempat wisata tanpa perubahan apapun, dengan dinding goa setebal 30-60 meter serta berjumlah 25 unit yang saling terhubung.

Penasaran gak nih sama tempat wisata yang udah disebutin di atas? Pastinya penasaran, kan?

Tempat wisata tersebut  bisa kalian kunjungi dengan harga terjangkau, tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan, keamanan, tata krama, serta sopan santun agar tercipta kepercayaan dalam menjaga tempat-tempat bersejarah di Indonesia, ya!

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments