Thu, 29 February 2024

Penting untuk Melamar Pekerjaan, Berikut 3 Manfaat Portofolio

Reporter: Hanisa Sutoyo | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 109 kali

Sat, 9 July 2022
Portofolio
(Sumber foto: Freepik/ijeab)

JURNALPOSMEDIA.COM – Ketika kamu melamar pekerjaan untuk posisi tertentu, sejumlah perusahaan biasanya akan meminta berkas tambahan, yakni portofolio. Namun, apa sih sebenarnya portofolio itu?

Pengertian portofolio sendiri merupakan berkas penting berisi keterangan pencapaian atau kemampuan seseorang yang disertai dengan sejumlah contoh karya.

Berkas ini bisa meyakinkan para perekrut ketika mempertimbangkan kamu, apakah bisa bergabung dengan perusahaan mereka atau tidak. Karya-karya yang tercantum tentunya harus relevan dengan posisi yang kamu lamar, ya.

Misalnya, jika kamu berniat mendaftar sebagai reporter, maka cantumkan sejumlah tulisan atau video terbaik hasil liputan kamu. Dari situ, seorang Human Resource Development (HRD) bisa melihat sejauh mana kemampuan yang kamu miliki.

Lantas, apa saja manfaat dari portofolio ini dalam dunia pekerjaan? Agar tidak penasaran, berikut Jurnalposmedia telah merangkumnya untuk kamu.

1. Membangun Personal Branding

Personal branding bisa kamu bentuk melalui berkas portofolio yang kamu buat, nih. Misalnya, ketika kamu mencantumkan berbagai foto hasil jepretan terbaik pada portofolio, maka sejumlah orang yang melihatnya akan menilai kamu sebagai seorang fotografer.

Branding semacam ini akan menguntungkan untuk kamu nantinya. Terlebih jika HRD menilai bahwa hasil karyamu itu sangat baik, maka kamu punya peluang besar mendapat pekerjaan yang relevan dengan portofolio kamu, loh.

2. Sebagai Bukti Kemampuan Diri

Ketika akan melamar pekerjaan, kamu tentu akan mencantumkan poin skill atau kemampuan pada curriculum vitae (CV). Di sini pentingnya portofolio karena bisa menjadi bukti bahwa kamu memang memiliki kemampuan di bidang tertentu.

Misalnya, kamu menyatakan bisa membuat desain, tapi tidak bisa menunjukkan berbagai karya fisik yang dibuat. Hal ini akan membuat HRD ragu untuk menerima kamu di perusahaannya.

3. Mendatangkan Klien

Manfaat yang terakhir ini menjadi tujuan utama bagi sejumlah pekerja freelance atau konsultan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karya pada portofolio bisa membuat orang yakin dan mau bekerja sama. Sebab itu, portofolio harus dibuat menarik dan sekreatif mungkin untuk bisa mendatangkan klien tanpa kamu cari.

Itu tadi beberapa manfaat dari portofolio dalam dunia kerja. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kumpulkan hasil karya terbaik kamu dan susun menjadi portofolio yang baik serta sekreatif mungkin, ya!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments