Tue, 16 April 2024

5 Jalur Masuk UIN Bandung, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Reporter: Suryadi | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 829 kali

Sun, 20 February 2022
Uin Bandung
Sumber : Jurnalposmedia

JURNALPOSMEDIA.COM – Pada tahun 2022, UIN Bandung kembali menyabet peringkat pertama PTKIN  dan masuk 100 besar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi Webometrics.

Menjelang tahun akademik 2022/2023, UIN Bandung membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui lima jalur seleksi, di antaranya SNMPTN, SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN, serta Ujian Mandiri.

Untuk kamu calon mahasiswa baru yang masih bingung, berikut ini seputar informasi mengenai lima jalur masuk UIN Bandung. 

1. Jalur Masuk SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sering dikenal sebagai jalur undangan dengan menggunakan nilai rapor. Artinya, kamu harus mempertimbangkan prestasi akademis, jejak alumni, dan akreditasi sekolah.

Jika kamu berasal dari sekolah terakreditasi A, tersedia peluang sebesar 40 persen. 

Agenda SNMPTN 2022/2023 dimulai pada 8 Januari – 4 Februari 2022, untuk pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).  Sedangkan pendaftaran oleh siswa dapat  dilakukan pada 14-28 Februari 2022 melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Untuk pengumuman hasil SNMPTN dilaksanakan pada 29 Maret 2022.

2. Jalur Masuk SPAN-PTKIN

Pendaftaran SPAN-PTKIN sama halnya dengan SNMPTN yaitu, dengan menggunakan nilai rapor, dan seleksinya pun gratis.

Bedanya, SPAN-PTKIN biasanya menawarkan program studi berbasis keagamaan. Calon mahasiswa baru dapat memilih dua PTKIN sekaligus sesuai dengan program studi yang diminati.

Jadwal pendaftaran SPAN-PTKIN dilaksanakan pada 4-31 Maret 2022. Waktu proses seleksinya pun melalui dua tahap, yaitu pada 4-7 April 2022  (Tahap I) dan  9-11 April 2022 (Tahap II).

3. Jalur Masuk SBMPTN

Berbeda dengan dua jalur sebelumnya yang menggunakan nilai rapor, SBMPTN merupakan proses seleksi tes tulis dan berbayar.

Untuk mendaftar SBMPTN, para peserta wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Ujian tertulisnya berupa Tes Kemampuan Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Sebelum mengikuti ujian, kamu dapat memilih jenis soal yang terdiri dari Saintek, Soshum, ataupun campuran.

Jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN dimulai pada 14 Februari -17 Maret 2022. Para peserta dapat melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara mandiri melalui https://portal.ltmpt.ac.id.

Selanjutnya, pendaftaran UTBK-SBMPTN dilakukan pada 23 Maret – 15 April 2022. Para peserta diharapkan memilih lokasi ujian  terdekat dari rumah, mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Pelaksanaan UTBK terbagi dalam dua gelombang, pada 17-23 Mei 2022 (Gelombang I), dan 28 Mei – 3 Juni 2022 (Gelombang II). Skor UTBK akan menjadi persyaratan pendaftaran SBMPTN.

4. Jalur Masuk UM-PTKIN

UM-PTKIN merupakan seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh PTKIN, seperti UIN, IAIN, dan STAIN. 

Para peserta diharuskan untuk mengikuti ujian tertulis yang terdiri dari tiga kategori, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Kemampuan Bidang IPA, dan Tes Kemampuan Bidang IPS.

Pendaftaran UM-PTKIN akan dibuka pada 25 April – 4 Juni 2022 sekaligus peserta melakukan pembayaran sebesar Rp200.000.

Calon mahasiwa UIN Bandung dapat mengakses www.um-ptkin.ac.id untuk mendapatkan kartu ujian. Setelah itu, para peserta akan mendapatkan jadwal pelaksanaan ujian antara tanggal 14-17 Juni 2022. 

Dilansir dari laman resmi UM-PTKIN, jumlah total prodi yang ditawarkan sebanyak 1.254 dengan total kuota 75.242 peserta.

Sama halnya dengan SPAN-PTKIN, program studi yang ditawarkan lebih berbasis pendidikan dan keagamaan Islam. UM-PTKIN diselenggarakan berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE) tidak lagi menggunakan kertas (paperless).

5. Jalur Ujian Mandiri

Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri UIN Bandung akan dibuka pada 2 Juni – 5 Juli 2022. Proses seleksi ini menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis komputer.

Namun, bagi peserta yang mengikuti jalur tahfiz dengan hafalan minimal 5 juz tidak perlu mengikuti CBT.

Ada juga jalur prestasi akademik dan non-akademik minimal tingkat regional (kota/kabupaten), dengan peserta harus melampirkan sertifikatnya saat pendaftaran.

Ujian Mandiri biasanya dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000.

 Peserta dapat melakukan registrasi melalui https://pmb.uinsgd.ac.id sebelum melaksanakan CBT pada 18-23 Juli 2022.

Itulah informasi mengenai lima jalur masuk UIN Bandung tahun akademik 2022/2023, semoga menjadi referensi untuk masuk ke dunia perkuliahan. Kami dari Jurnalposmedia turut mendoakan agar kamu menjadi bagian dari UIN Bandung.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments