Sat, 13 July 2024

‘Ngopi’ Photosspeak Ke-6 Bahas Tentang Foto Seri

Reporter: Teten Handani | Redaktur: Lisna | Dibaca 182 kali

Thu, 29 March 2018
Ngobrol Photography (Ngopi) kembali digelar oleh Komunitas Fotografi Photosspeak, Rabu (28/03/2018). (Jurnalposmedia/Teten Handani)

JURNALPOSMEDIA.COM– Komunitas Fotografi Photosspeak kembali gelar agenda rutin Ngobrol Photography (Ngopi), Rabu (28/03/2018). Ngopi minggu ke-6 kali ini memaparkan materi mengenai foto seri, serta berbagi pengalaman tentang dunia kewartawanan, berlangsung di Gedung Student Center, UIN Bandung.

Pewarta Foto Prabowo Setiadi sebagai pemateri menjelaskan bahwa menjadi seorang wartawan harus pintar membagi waktu dengan baik, karena dunia kewartawanan waktu adalah yang utama. Selain itu, ada yang lebih menguntungkan ketika menjadi seorang wartawan yaitu keuntungannya sambil bekerja hobi pun ikut terbayar. “Menjadi wartawan yang pekerjaan mencari peristiwa harus pintar mengatur waktu dan posisi, keuntungannya bisa main kemana saja juga karena hobi,” kata Prabowo.

Prabowo juga memaparkan tips foto seri agar karya foto yang dihasilkan bisa bermakna. Ada beberapa persiapan yang harus dimiliki seorang fotografer sebelum kelapangan, riset atau mengumpulkan data merupakan hal utama, tulis ringkasan cerita, kemudian harus mengerti pola kerja dari awal, isi dan penutup. Terakhir yang terpenting kedekatan terhadap narasumber  menjadi kunci mendapatkan foto yang menarik.

Menurutnya, Foto seri termasuk foto jurnalistik tetapi dalam penyajiannya menceritakan proses dari A sampai Z yang berurutan dari awal sampai akhir dengan jumlah minimal sepuluh foto. Untuk menghasilkan foto seri memerlukan waktu sampai sepuluh hari bahkan bulanan, selain itu fotografer harus pintar ambil gambar dengan menggunakan metode EDFAT.

Salah seorang anggota Photosspeak Azi Suseno menyampaikan pendapatnya mengenai foto seri, menurutnya perbedaan foto seri dengan foto yang lain yaitu lebih menceritakan foto yang berurutan sesuai dari proses awal, isi dan akhir, selain itu foto seri lebih menarik dibandingkan dengan foto tunggal.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments