Thu, 23 May 2024

Jawab Keresahan, Kelurahan Jatirahayu Sediakan WiFi Gratis untuk Pelajar

Reporter: Robby Fathan | Redaktur: Rais Maulana Ihsan | Dibaca 183 kali

Tue, 4 August 2020
Suasana Aula kantor Kelurahan Jatirahayu, Kota Bekasi saat para siswa-siswi mengikuti pembelajaran daring dari sekolahnya masing-masing, Senin (3/8/2020). (Robby Fathan/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Kantor Kelurahan di Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat sediakan WiFi gratis yang bisa di akses oleh pelajar daerah sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk membantu siswa-siswi sekolah yang terkendala sistem belajar secara daring.

“Akses wifi gratis ini sudah berjalan seminggu, melihat keresahan orang tua dan siswa yang terkendala oleh kuota, fasilitas ini diarahkan untuk pelajar sekitar sini,” ujar Staff Kelurahan, Abunaya Novianti kepada Jurnalposmedia, Senin (3/8/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, layanan WiFi ini bisa diakses dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Namun, untuk dapat mengaksesnya, para siswa atau pelajar harus didampingi dengan perwakilan orang tua masing-masing.

“Setiap harinya selalu ramai oleh siswa apalagi jam 10an karena mereka dikasih tugas oleh gurunya,” katanya.

Aula Kelurahan sendiri membatasi kapasitas untuk siswa yang ingin belajar yaitu sebanyak 13 orang. Dengan tetap menerapkan sosial distancing sesuai dengan anjuran pemerintah.

Salah satu pelajar Sekolah Dasar yang belajar di sana, Intan merasa senang dengan adanya fasilitas tersebut. Selain akses internet gratis, ia juga mengaku tidak bosan karena dapat belajar bersama teman-temannya.

“Bagus jadi belajarnya gak bosen karena ada temen juga yang ikut kesini, terus juga jadi irit kuota internet,” ungkapnya.

Apresiasi datang dari Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto yang mendukung adanya fasilitas WiFi gratis. “Saya sangat apresiasi dan mendukung,tahun depan kita akan perbanyak mudah-mudahan bisa mencapai 1000 titik wifi gratis di Bekasi,” ujarnya.

Pemerintah Kota Bekasi sendiri menyediakan fasilitas 244 WiFi gratis yang bebas diakses publik. Ratusan titik WiFi itu tersebar di 56 Kelurahan, kantor sekertariat RW, taman kota, hutan kota, lapangan olahraga, dan masjid-masjid.

Mastri sapaan akrabnya juga menambahkan bahwa akses internet sudah seharusnya menjadi tuntutan dalam masyarakat, ditambah dengan kemampuan kecepatan yang tinggi.

“Wi-Fi (akses internet) dengan kecepatan tinggi, itu guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bila kita mampu menguasai informasi maka kita akan menguasai Dunia,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments