Sun, 21 April 2024

Mengenal Aplikasi Turnitin hingga Cara Menggunakannya

Reporter: Nur Zaida | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 313 kali

Tue, 5 July 2022
Sumber : Freepik

JURNALPOSMEDIA.COM – Plagiarisme di kalangan mahasiswa sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Ini berupa tindak pengambilan hasil karya tulis orang lain yang dijadikan sebagai hak milik tanpa mencantumkan sumber aslinya. Kemajuan teknologi dan mudahnya menjangkau akses internet, menjadikan mahasiswa mengandalkan cara yang serba instan.

Plagiarisme merupakan bentuk pelanggaran etika akademik yang berlaku. Setiap lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi, sudah sepatutnya mengurangi kebiasaan plagiarisme di kalangan mahasiswa. Pengurangan plagiarisme ini akan terlaksana dengan baik jika pihak perguruan tinggi dapat mengambil langkah tegas bagi mahasiswa yang melakukan kecurangan. Plagiarisme biasanya terjadi pada pembuatan makalah, resume, ataupun ujian.

Upaya dalam meminimalisir plagiarisme, diperlukan suatu software atau aplikasi untuk mendeteksi tingkat plagiasi serta orisinalitas dalam karya tulis seseorang. Salah satu software yang bisa mendeteksi tingkat plagiasi dan orisinalitas adalah Turnitin.

Penggunaan aplikasi Turnitin dinilai sangat efektif dan lebih akurat jika dibandingkan dengan aplikasi atau website pengecekan plagiarisme lainnya. Hal tersebut dikarenakan aplikasi Turnitin memuat laporan indikasi plagiat sehingga memudahkan mahasiswa untuk memperbaikinya. 

Selain itu, kelebihan Turnitin ialah mudah digunakan karena berbasis website, membutuhkan waktu yang singkat dalam proses pemeriksaan, privacy dokumen yang diunggah terjaga, dan memiliki berbagai macam tool yang dapat digunakan untuk memperbaiki tugas mahasiswa.

Keberadaan Turnitin ini sangat penting dan dapat meningkatkan integritas mahasiswa. Aplikasi ini mendorong mahasiswa untuk memberikan persentase orisinalitas yang tinggi dalam setiap tugas. Hal ini mencegah paten dari karya mahasiswa tersebut menjadi hak milik orang lain. 

Selain itu, aplikasi ini menuntut mahasiswa untuk lebih teliti dan kreatif dalam mengambil sitasi. Sitasi dalam mengerjakan tugas atau karya ilmiah yang memiliki standar penilaian tertentu.

Nah, berikut cara menggunakan aplikasi Turnitin:

  1. Kunjungi website www.turnitin.com.
  2. Klik Create a New Account jika belum memiliki akun, dan pilih opsi Student. 
  3. Masukkan Class Id atau Enrollment Key yang telah disediakan pihak kampus atau dapat membelinya di E-commerce, seperti Shopee. 
  4. Selanjutnya klik Classname pada halaman utama. 
  5. Unggah dokumen. 
  6. Klik Upload dan tunggu sampai terunggah. 
  7. Kemudian klik Confirm dan Return To Assignment List. 
  8. Tunggu beberapa menit proses pengecekan plagiarisme. 
  9. Jika sudah selesai, klik View untuk melihat hasil. 
  10. Kalimat yang terdeteksi mengandung plagiarisme akan berwarna merah, kamu dapat mengubah atau menghapusnya. 

Yuk, mulai sekarang jangan membiasakan diri dengan cara yang instan dan tingkatkan jiwa kreativitas diri.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments