Membaca Gratis dan Nyaman di Bapusipda

JURNALPOSMEDIA.COM –  Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (Bapusipda Jabar) yang terletak di Jalan Kawaluyaan Indah II No. 4, Kota Bandung. Menjadi tempat alternatif bagi orang-orang yang gemar membaca.

Bapusipda mempunyai koleksi buku yang tergolong lengkap, mulai dari bacaan anak-anak, novel, ilmu pengetahuan umum bahkan karya ilmiah sekalipun. Selain itu, tersedia juga ruang membaca sesuai dengan kategori usia. Diantaranya  lantai satu diperuntukkan bagi anak-anak sedangkan, ruang baca remaja dan dewasa terletak di lantai dua, serta lantai tiga terdapat majalah, koran, dan koleksi digital.

Perpustakaan ini ditunjang dengan suasana yang bersih, akses free wifi  dan dilengkapi pendingin ruangan yang semakin memancing pengunjung untuk berdiam lebih lama. Seperti ungkapan salah satu pengujung perpustakaan Permana (19), mengenai Bapusipda. “Saya pertama kali datang kesini, ternyata tempatnya begitu nyaman sekali dan disini banyak buku yang dapat dibaca. Terlebih lagi dengan internet gratis semakin membuat saya betah disini,” ujarnya saat ditemui Jurnalposmedia, Senin (29/05/2017).

Bapusipda tidak menarif biaya sepeserpun bagi pengunjung yang hanya sekedar berkunjung dan membaca buku. Namun, lain lagi jika ingin meminjam buku maka pengunjung diharuskan membuat kartu anggota terlebih dahulu.

Adapun persyaratan yang perlu dipersiapkan terdiri dari  foto copy data diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), Kartu Tanda Siswa (KTS) dan foto 2×3 berwarna. Serta bagi mereka yang berstatus sebagai mahasiswa diharuskan juga melampirkan surat keterangan dari bagian Tata Usaha Fakultas. Sedangkan, calon anggota yang berdomisili luar daerah Bandung, diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan dari RT/ RW setempat.

Bapusipda buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB untuk Senin – Jumat dan Sabtu waktu kunjungan hanya sampai pukul 16.00 saja. Khusus Minggu dan hari besar lainnya, perpustakaan ini ditutup. Bagi para pecinta buku tak ada salahnya untuk mencoba sensasi membaca buku disini, tempat ini sangat cocok untuk mengisi waktu yang luang dengan menambah ilmu dan pengetahuan baru.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.