Tue, 16 April 2024

Linkedln, Solusi untuk Kamu yang Ingin Memulai Karir

Reporter: M. Haekal Tazzaka | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 293 kali

Tue, 8 March 2022
Ilustrasi Linkedln (Sumber Foto: First Media)

JURNALPOSMEDIA.COM – Magang dan kerja merupakan harapan yang digantung kebanyakan mahasiswa dan fresh graduate. Untuk mencari informasi tersebut, biasanya mereka mencari di iklan-iklan media cetak, media online, dan juga internet. Namun, ada salah satu jejaring sosial yang menyediakan banyak informasi terkait dunia pekerjaan. Platform tersebut adalah Linkedln.

Linkedln merupakan jaringan profesional terbesar di dunia yang di dalamnya kaya akan informasi tempat untuk magang dan perusahaan yang sedang mencari pekerja baru. Jenis pekerjaan dan tingkat pengalaman pun menjadi acuan untuk rekomendasi pekerjaan yang ditawarkan.

Selain mencari pekerjaan, di platform ini juga bisa mencari orang yang kita kenal ataupun orang lain yang bekerja di salah satu perusahaan. Lalu kita bisa menambahkan teman dan mengirimkan permintaan untuk terhubung menjadi koneksi. Koneksi atau orang yang berada di dalam perusahaan itu ternilai penting karena kita bisa menanyakan hal tertentu dan mendapatkan informasi bahwa perusahaan tersebut sedang membuka lowongan kerja.

Di sini bisa terjadi kemungkinan bahwa cerita profesional kita dilirik oleh HRD atau HR sebuah perusahaan. Langkah yang harus kita lakukan adalah membuat profil dan mencantumkan semua yang sudah dilakukan dan dimiliki kita, seperti pendidikan, keahlian, pengalaman kerja, sertifikasi, karya.

Bagaimana Cara Mulai dengan Linkedln

Pertama, buatlah akun dengan email Google. Lalu, susun profil secara profesional dan cantumkan banyak informasi tentang diri sendiri. Gunakan foto semi formal yang terlihat rapi dan sopan.

Kedua, bangun jaringan atau koneksi. Di tahap ini, para pengguna akan mencari alumni atau orang lain yang bekerja di instansi dan perusahaan yang diminati untuk meminta dihubungkan dan terbangun koneksi.

Ketiga, ikut berpartisipasi dan berkomunikasi secara aktif antar pengguna dan koneksi yang didapatkan. Berkomunikasi bertujuan untuk mempererat hubungan antara pengguna dengan orang lain yang bekerja dalam perusahaan tertentu. Selain mempererat hubungan, hal ini juga bisa menjadikan pengguna mendapat rekomendasi untuk masuk dan bekerja di perusahaan yang diminati.

Keempat, cari tempat kerja dan jenis pekerjaan. Hal ini bisa disortir dengan beberapa hal, seperti tingkat pengalaman, mulai dari magang, tingkat pemula, senior tingkat menengah, hingga eksekutif. Selain pengalaman, jenis pekerjaan pun bisa di tentukan. Mulai dari paruh waktu (part time), penuh waktu (full time), sukarelawan, dan kontrak.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments