Liburan Menantang dengan Arung Jeram di Kampung Singkur

JURNALPOSMEDIA.COM – Berpakansi bersama keluarga biasanya menjadi hal yang dinanti-nantikan, apalagi setelah kesibukan yang menjemukan. Namun, apa jadinya jika liburan keluarga yang terkesan santai, menjadi liburan yang menantang adrenalin? Jawabannya ada di kampung Singkur.

Diresmikan pada 2019 di bawah naungan Perhutani, tempat rekreasi di Pangalengan, Bandung ini menyediakan paket olahraga air ekstrem, yakni arung jeram.

Tiket masuk ditarif Rp10.000 untuk setiap orang. Sedangkan untuk parkir Rp10.000/mobil dan Rp5.000/motor. Jurnalposmedia berkunjung pada Selasa (23/2/2021) atau di hari biasa, suasana sangat sepi, berbeda jika berkunjung saat weekend. Di sana kami hanya menemui Lilis, penjaga warung di kampung Singkur. Ia menjelaskan mengenai destinasi wisata alam tersebut.

“(Wahana) arung jeram dihargai Rp150.000 untuk satu perahu, (dengan) kapasitas 3-4 orang,” ungkapnya.

Harga paket sudah termasuk makan, dan mengangkut wisatawan ke situ Cileunca menggunakan ontang-anting untuk memulai rafting dari sana. Jarak lintasan arung jeram dari situ Cileunca yakni 4,5 KM dengan memakan waktu dua jam, dan berakhir di Cisarua Rahong.

Tak perlu khawatir akan air yang pasang ketika rafting, karena pengelola telah mengatur debit air yang keluar dari situ Cileunca. Di sepanjang lintasan, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam, dan sejuknya dataran tinggi Bandung.

Selain rafting, kampung Singkur juga menyediakan tour body rafting. Bedanya dengan arung jeram, body rafting menggunakan ban karet yang berderet ke belakang, dan didampingi pemandu. Jarak yang ditempuh body rafting hanya 2 KM, dan ditarif Rp40.000 hingga Rp65.000 setiap orangnya.

Kampung Singkur
Penginapan yang disediakan pengelola untuk wisatawan yang ingin bermalam. (M. Haekal Tazzaka/Jurnalposmedia)

Tersedia juga cottage untuk bermalam dengan beberapa pilihan,Untuk (cottage) yang empat orang, dihargai Rp350.000 dan untuk yang 15 orang dihargai Rp1.500.000. Fasilitas yang didapat untuk cottage ini ada listrik, sarapan dan teh hangat yang disediakan oleh pihak kampung Singkur,” jelas Lilis.

Jadi, siap seru-seruan dan pacu adrenalin dengan arung jeram di kampung Singkur?

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.