Thu, 29 February 2024

Hari Teater Dunia, Teater Pena Turut Mengapresiasi

Reporter: Agung Rakhmadi | Redaktur: Lisna | Dibaca 162 kali

Tue, 27 March 2018
Dok. Pribadi

JURNALPOSMEDIA.COM— Dalam rangka peringatan Hari Teater Sedunia yang jatuh pada 27 Maret, Teater Pena Jurnalistik UIN Bandung sebagai kelompok yang terfokus dalam kesenian teater ikut merasa bangga dengan adanya peringatan Hari Teater Sedunia tersebut, Selasa (27/03/2018).

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Teater Pena Jurnalistik, Indra Tanjung Kurnianto mengatakan dengan adanya peringatan Hari Teater Sedunia semua pencinta seni bisa merasakan dengan cara berapresiasi karya-karya seni teater. “Saya merasa bangga dengan adanya peringatan Hari Teater Sedunia, karena semua pencinta seni bisa mengingat dan mengapresiasi seni teater,” ujarnya.

Hari Teater Sedunia sendiri diresmikan pada tahun 1961 oleh International Theatre Institute (ITI), peringatan ini ditetapkan agar teater bisa dianggap sebagai sebuah kesenian yang utuh. Bukan seperti pada abad ke-6 sebelum Masehi di Yunani, pada masa itu pertunjukan teater hanya ditampilkan untuk hiburan para raja dan masyarakat dengan mempertaruhkan nyawa seseorang.

Senada akan hal tersebut, Indra menjelaskan hal yang mudah dilakukan untuk mengembangkan kesenian yaitu salah satunya dengan cara mengapresiasi semua karya seni khususnya seni teater. Misalnya, dengan menonton dan mendukung setiap pertunjukan seni teater yang ada.

Lebih lanjut Indra menambahkan bahwa, “Adanya peringatan ini juga harus diimbangi dengan karya yang nyata dari anggota Teater Pena. Seperti kalimat yang selalu kita ingat yaitu ‘kurangan gaya, lobakeun karya’ semua anggota haruslah memberi karya terbaik untuk membuat Teater pena menjadi lebih harum namanya, karena selain mengharumkan nama Teater Pena, kita juga bisa mengharumkan nama Jurnalistik dan UIN Bandung.” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments