Dua Tahun Daring, PJTD 2022 Akhirnya Digelar Secara Tatap Muka

JURNALPOSMEDIA.COM – Bidang Pers Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung akhirnya kembali menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2022 secara tatap muka pada 14-15 Mei 2022, di Villa Bukit Maranti, Cilengkrang, Bandung.

Setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring dengan diikuti 80 peserta mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Bandung.

Acara ini menghadirkan pemateri yang kompeten dalam dunia kejurnalistikan. Di antaranya, Fikri Mahendra (Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Pangandaran), Zakka Muhammad (Designer Skylar Agency), Azizah Fadhillah (Relationship Manager & Business Coordinator Development Wahana Insan Prima Bandung), serta Siti Resa Mutoharoh (Pemimpin Redaksi Bandung Raya).

Mengusung tema “Kritis, Integritas, dan Loyalitas untuk Regenerasi Jurnalis Berkualitas”, ketua Pelaksana PJTD 2022, Ariq Athallah menuturkan maksud dari tema tersebut.

“Pada saat ini, Jurnalposmedia sendiri memiliki permasalahan dalam hal kritis isu dan loyalitas yang kurang pada internalnya. Maka PJTD kali ini diusung kata kritis dan loyalitas agar regenerasi selanjutnya tidak terjadi hal itu,” tuturnya saat diwawancarai  Jurnalposmedia, Sabtu (14/5/2022).

Ketua Bidang Pers Hima Jurnalistik, Firman mengatakan, PJTD 2022 ini berbeda karena biasanya berlangsung selama tiga hari secara daring, namun kali ini hanya dua hari. Dalam peningkatan pendaftarnya pun tahun ini sangat signifikan dan antusias.

“PJTD itu biasanya sekitar 60-80 pendaftar dan di tahun ini mencapai 103 pendaftar. Ini terlihat dari pendaftar yang sangat bersemangat untuk berproses di Jurnalposmedia,” ucapnya.

Menurut Firman, antusias peserta PJTD 2022 ini sangat luar biasa karena usaha mereka yang sangat besar terhadap kegiatan ini.

“Peserta tersebut berasal dari beberapa daerah di luar Kota Bandung dan sangat antusias untuk datang ke Bandung mengikuti PJTD 2022. Antusias tersebut sangat luar biasa karena sudah mengeluarkan usaha yang lebih daripada PJTD yang dilaksanakan secara daring,” lanjutnya.

Ia berharap para peserta dapat menerapkan berbagai materi yang didapatkan di PJTD 2022 dalam kegiatan kejurnalistikan dan mendapatkan esensi yang lebih dari PJTD secara daring.

“Harapan terbesar saya semoga mahasiswa yang mengikuti PJTD 2022 ini dapat terbentuk sesuai tema yang diusung, dapat membantu regenerasi yang berkualitas, dengan kritis dan integritasnya, serta loyal terhadap Lembaga Pers Mahasiswa Jurnalposmedia,” pungkasnya.

 

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.