Mon, 22 July 2024

Dilema Petugas Kebersihan UIN Bandung: Kami Dianggap Tidak Bekerja

Reporter: Widi Dwi Haspiani | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 477 kali

Thu, 14 July 2022
Petugas kebersihan
Petugas kebersihan sedang membersihkan lantai salah satu gedung di UIN Bandung, Kamis (7/7/2022). (Widi Dwi Haspiani/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Kebersihan lingkungan kampus UIN Bandung merupakan tanggung jawab yang harus dijaga tidak hanya oleh petugas kebersihan, melainkan semua civitas akademika. Terlebih saat ini kegiatan perkuliahan sudah kembali normal.

Namun, kurang timbulnya kesadaran mahasiswa dalam menjaga kebersihan kampus menjadi masalah tersendiri. Hal tersebut diungkapkan petugas kebersihan UIN Bandung, Haruman Sanjaya.

“Masih ada saja mahasiswa yang membuang sampah sembarangan, kadang seperti kami (petugas kebersihan) yang disalahkan dan seperti tidak bekerja,” ujarnya.

Haruman menambahkan, upaya petugas menyediakan tempat sampah juga sudah dilakukan namun fasilitas tersebut selalu rusak dan tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

“Beberapa kali kami menyediakan tempat sampah di beberapa wilayah, tapi selalu rusak dan tidak awet. Jadi, kami berupaya untuk keliling saja membersihkan sampah-sampah yang berserakan dan memasukkannya pada trash bag sebelum diangkut ke TPS (Tempat Penampungan Sementara),” imbuhnya.

Lebih lanjut, Haruman mengaku, tim lapangan dari petugas kebersihan juga sudah bekerja untuk membersihkan lingkungan kampus dari subuh.

“Tim lapangan mulai membersihkan UIN dari jam lima bahkan jam empat subuh. Sudah bersih-bersih agar pagi-pagi ketika mahasiswa datang, keadaan kampus sudah bersih,” ungkapnya.

Haruman yang sudah bekerja sebagai petugas kebersihan sejak 2013 ini meminta kepada para mahasiswa untuk bekerja sama dalam menata lingkungan kampus.

“Kami minta kerja samanya bagi para mahasiswa, bukan kami sebagai petugas kebersihan yang tidak bekerja namun kita sama-sama harus menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan, lebih baik sampahnya di satu kresek lalu simpan rapi di satu tempat, biar kami saja nanti yang ambil,” tuturnya.

Perihal ini, mahasiswi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Destiana mengatakan, mahasiswa juga perlu meningkatkan kesadarannya dalam menjaga kebersihan kampus karena bukan hanya petugas kebersihan saja yang memiliki kewajiban tersebut, tapi mahasiswa pun memiliki tanggung jawab yang sama.

“Kampus ini juga milik kita, jadi kewajiban kita untuk menjaganya juga karena kita juga yang akan merasa enak ketika lingkungan kampus bersih dan sehat,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments