Tue, 21 May 2024

Bahas Persiapan Karier, UPT Pusat Karier UIN Bandung Gelar Webinar Perdana

Reporter: Sri Wahyuni | Redaktur: Sherly Putri Febrianti | Dibaca 186 kali

Tue, 3 August 2021
Pamflet webinar perdana yang diadakan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pusat Karier UIN Bandung, Selasa (3/8/2021). Sumber foto: Instagram @karier_uinsgd

JURNALPOMEDIA.COM – Webinar perdana yang diadakan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pusat Karier UIN Bandung membahas persiapan karier bertajuk “Tips dan Trik Lulus Ujian Masuk CPNS”. Webinar ini disiarkan secara langsung dikanal Youtube karier_uinsgd dan Zoom Meeting, Selasa (3/8/2021).

Bertujuan untuk membekali para mahasiswa dan alumni dengan softskill serta pengetahuan agar mempunyai kesiapan untuk mengikuti tes CPNS. Webinar ini juga merupakan output dari misi UPT Pusat Karier sebagai jembatan antara alumni dengan beberapa instansi.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, Akmal Novizar mengatakan bahwa untuk menjadi PNS itu tidaklah mudah. Dengan begitu, ia membagikan tips dan trik saat tes ujian CPNS.

“Untuk menjadi CPNS itu tidaklah mudah, banyak serangkaian tes yang harus dilalui oleh para peserta. Salah satunya yaitu tes pemberkasan, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB),” ujar Akmal dalam pemaparannya, Selasa (3/8/2021).

Tips dan Trik Ketika Hendak Ujian CPNS
  1. Memperkaya informasi melalui grup Telegram sesuai dengan kementerian yang diinginkan. “Di situ banyak banget orang yang membagikan e-book, materi, tips dan trik, hingga simulasi tes,” jelasnya.
  1. Memilih instansi yang diminati
  2. Simulasi tes
  3. Memprediksikan soal SKD
  4. Manajemen waktu
  5. Persiapan SKB

Hal mendukung lainnya dikemukakan oleh salah satu Dosen UIN Raden Fatah Palembang Iredho Fani. Ia menjelaskan kesiapan apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak mengikuti tes CPNS.

“Selain belajar adalah yang paling utama, persiapan fisik dan psikologis juga harus diperhatikan,” ujarnya.

Kemudian simak persiapan lainnya di bawah ini.
  1. Hindari stupid mistake
  2. Perhatikan data filling (kearsipan)
  3. Ikuti setiap aktivitas di media sosial otoritatif
  4. Konfirmasi setiap berita yang didapatkan kepada panitia
  5. Fokus ke tujuan
  6. Jangan sekalipun memikirkan jalan pintas
  7. Usaha dan berdoa

“Banyak yang tidak dipelajari diperkuliahan tentang dunia kerja. Eksplor diri dari luar dan jangan lupa minta doa dan restu orang tua ketika hendak mengikuti tes CPNS,” pungkas Iredho.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments