Sun, 19 May 2024

6 Tips untuk Mencegah Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus

Mon, 28 November 2022
Sumber foto: Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM- Kasus kekerasan seksual nyatanya masih marak terjadi. Tidak hanya di tempat umum, tapi juga di lingkungan kampus. 

Meski Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Perguruan Tinggi telah disahkan dan diharapkan menjadi payung hukum untuk para korban.

Namun hingga saat ini, mahasiswi yang kerap menjadi korban belum sepenuhnya bebas dari tindak kekerasan seksual di lingkungan kampus.

Pemberantasan kekerasan seksual memang merupakan tanggung jawab semua pihak. Namun penting untuk kita mengetahui upaya perlindungannya.

Berikut Jurnalposmedia telah merangkum enam tips agar terhindar dari tindak kekerasan seksual khususnya di lingkungan kampus.

1. Bersikap Tegas dan Berani Menegur

Jika terdapat indikasi pelecehan seksual seperti catcalling atau kata-kata tidak senonoh yang dilontarkan kepada kita, mulailah bersikap tegas.

Artinya, kita harus melakukan teguran atau menunjukkan rasa tidak suka terhadap perlakuan tersebut.

2. Waspada

Saat berada di tempat umum atau di lingkungan kampus sekalipun, sebaiknya kita selalu waspada.

Jadi, ketika ada tindakan yang dirasa mencurigakan, kita masih punya waktu untuk menghindarinya dengan menjauhi orang tersebut atau melaporkannya.

3. Siapkan Senjata

Kekerasan seksual bisa terjadi di mana saja. Oleh sebab itu, kita perlu menyiapkan senjata untuk alasan keamanan. 

Senjata yang dimaksud bukan benda tajam, tapi apa saja yang bisa kita gunakan untuk membela diri, seperti payung, semprotan merica, atau sengatan listrik.

4. Dapatkan Perhatian

Saat mengalami pelecehan seksual di tempat umum, jangan ragu untuk berteriak atau menarik perhatian orang di sekitar, seperti meminta bantuan, memberikan kode, atau yang lainnya.

Dengan melakukan upaya pencegahan di atas, setidaknya akan membantu kita terhindar dari aksi pelecehan.

 5. Nomor Telepon Darurat

Pastikan kita telah menyimpan nomor telepon darurat, entah itu lembaga atau orang yang dipercaya dapat memberi bantuan.

Jadi, jika ada tindakan yang mengarah pada kekerasan seksual atau keselamatan kamu terancam, kita bisa cepat menghubunginya.

6. Rekam, Lihat, Foto

Jangan takut untuk memvideokan memfoto, atau merekam orang yang kita curigai akan atau telah melakukan tindak kekerasan seksual. Hal tersebut bisa dijadikan bukti jika pihak berwenang menindak kasus yang kita alami. 

Selain itu, jangan takut menatap orang yang mencurigakan. Cara tersebut bisa membuat pelaku merasa diawasi dan diharapkan akan berhenti.

Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar terhindar dari tindak kekerasan seksual. Ada baiknya jika kita selalu melindungi diri sendiri.

Reporter :Muhammad Farhan Al Rachman/Magang

Redaktur: Siti Barkah

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments