Sun, 21 April 2024

5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Menyambut Semester Baru

Reporter: Ayunda | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 177 kali

Thu, 14 July 2022
Sumber foto : Katadata

JURNALPOSMEDIA.COM- Liburan akhir semester memang hal yang sangat menyenangkan dan selalu dinantikan oleh semua mahasiswa. Namun, kita tetap harus ingat rutinitas kita sebagai mahasiswa. Jangan sampai terlalu terlena sampai lupa jadwal masuk kuliah. Jurnalposmedia telah merangkum beberapa tips yang perlu kamu persiapkan sebelum memasuki semester baru.

1. Evaluasi Semester Lalu

Saat mulai memasuki semester baru kebiasaan burukmu harus diubah untuk menuju best version dari dirimu sendiri, misalnya mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen sedang mengajar, menghargai dosen ketika sedang belajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online.

2. Disiplin Pada Jadwal dan Waktu

Disiplin dan menghargai waktu adalah hal yang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya mencoba demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru nanti dengan memperhatikan jadwal kelas dan targetmu. Meskipun online, rencana belajar selama satu semester kedepan harus terorganisir dengan baik.

3. Cari Motivasi dan Semangat Baru

Mengawali semester baru, tingkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Cari support system yang selalu memberikan kamu dukungan positif. Sahabat, keluarga, dan orang tua, kamu bisa menjadikan mereka motivasi untuk terus semangat.

4. Mulailah untuk Belajar Lebih Awal

Jangan membiasakan diri untuk belajar di menit terakhir atau sistem kebut semalam. Hal itu dapat membuat kamu stres dan tidak maksimal dalam mempelajari materi yang akan diujikan.

5. Persiapkan Mental dengan Maksimal

Setelah puas menikmati masa liburan dan bersantai, awal semester harusnya kamu sudah siap untuk kembali ke rutinitasmu untuk belajar. Kamu tetap bisa refreshing ketika selesai mengerjakan materi yang lumayan sulit, tidak ada salahnya untuk menyenangkan diri sendiri dengan melakukan hobimu dan hal lainnya yang membuatmu merasa senang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan secara bertahap dan perlahan untuk menyambut semester baru. Persiapan semester barumu untuk mendapatkan nilai akademik yang lebih baik dari semester sebelumnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments