Thu, 23 May 2024

4 Rekomendasi Perpustakaan yang Wajib Kamu Kunjungi di Bandung

Reporter: Alya Izzati Maulida | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 1047 kali

Mon, 4 July 2022
Sumber: Pikiran Rakyat

JURNALPOSMEDIA.COM – Membaca adalah jendela dunia. Kamu bisa mendapatkan pengalaman dari orang  lain tanpa harus kamu lewati langsung sendiri melalui membaca. Bahkan, Joseph Addison mengatakan bahwa membaca adalah alat paling dasar untuk meraih hidup yang baik.

Kabar baik bagi kamu yang gemar membaca buku, kini beberapa perpustakaan di Bandung kembali melayani membaca buku di tempat setelah ditutup selama pandemi. Koleksi buku yang lengkap tidak berdebu, tempat yang bersih, dan nyaman adalah surga bagi para kutu buku. Berikut adalah 4 rekomendasi perpustakaan di Bandung yang akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

1. Dispusipda Jawa Barat (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah)
Sumber: Dispusipda

Dispusipda Jawa Barat terletak di Jl. Kawaluyaan Indah II No.4, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat. Perpustakaan tersebut buka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00 – 15.30 WIB. Alasan Dispusipda wajib dikunjungi adalah kelengkapan bukunya mulai dari buku anak-anak hingga lansia.

Selain kelengkapan bukunya, Dispusipda juga mempunyai beberapa area membaca yang nyaman dan teratur, yaitu ruang baca anak di lantai 1, ruang baca dewasa 1 dan dewasa 2 di lantai 2, ruang baca remaja, serta ruang baca referensi di lantai 3. Terdapat juga ruang privat untuk diskusi.

Dispusipda bisa dijadikan pilihan utama bagi kamu mahasiswa sekitar Bandung Timur untuk mencari berbagai sumber bacaan dan tempat belajar dengan suasana yang nyaman.

Dispusipda melayani membaca di tempat tanpa kartu anggota. Namun, bagi kamu yang ingin meminjam buku untuk dibawa pulang, kamu wajib membuat kartu anggota dengan menggunakan e-KTP.

2. Zoe Comics Library
Sumber: Infobdg

Zoe Comics Library terletak di  Jl. Pager Gunung No. 3 Dago, Bandung. Perpustakaan tersebut buka pukul 10.00-18.00 WIB. Alasan Zoe Library wajib kamu kunjungi karena sangat cocok bagi kamu pecinta komik, novel, dan buku populer lainnya.

Selain itu, Zoe Library juga mempunyai tempat membaca indoor dan outdoor. Tidak ada pungutan biaya bagi kamu yang membaca buku di perpustakaan, tetapi bagi kamu yang mau meminjam buku untuk dibawa ke rumah, kamu perlu membayar.

3. Kineruku
Sumber: Ketik News

Kineruku terletak di Jl. Hegarmanah No.52, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Perpustakaan ini buka setiap hari Selasa-Minggu pukul 11.30-17.30 WIB.

Selain membaca buku, kamu bisa juga memesan makanan dan minuman di Kineruku. Suasana yang hangat membuat para pengunjung nyaman membaca buku sambil menyantap cemilan yang dijual di sana.

Koleksi buku yang ada di Kineruku cukup lengkap mulai dari sastra, sosiologi, budaya, sejarah, arsitektur, seni, desain, sampai filsafat. Selain itu, Kineruku menyediakan beberapa  CD musik dan DVD film koleksi Kineruku serta barang-barang lucu seperti kartu pos, keramik, dan tote bag.

4. Pitimoss
Sumber: WordPress

Pitimoss terletak di Jl.Banda 12-S Bandung. Perpustakaan ini buka setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB. Pitimoss mempunyai berbagai koleksi buku novel, komik, pop-science, dan lain lain.

Bagi kamu yang mau membaca buku di Pitimoss, dikenakan tarif tergantung jenis buku yang mau kamu baca. Untuk membawa buku pinjaman pulang ke rumah, kamu perlu mendaftar sebagai member dengan cukup membayar Rp20.000. Keuntungan menjadi member juga adalah kamu bisa memimjam buku secara gratis di hari ulang tahunmu.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments