Fri, 21 June 2024

3 Tips Waktu Olahraga di Bulan Ramadan, Apa Saja?

Reporter: Diah Hidayatus Shobariah/Kontributor | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 337 kali

Mon, 18 April 2022
Sumber : Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Puasa yang dilakukan selama kurang lebih 12 jam terkadang membuat diri merasa lemas dan malas untuk melakukan kegiatan, salah satunya olahraga. Walaupun begitu, olahraga tentunya cukup penting bagi tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Pada dasarnya, olahraga saat puasa dapat dikurangi intensitasnya sebanyak 40 – 50%. Cukup dengan melakukan olahraga ringan, seperti zumba, senam, ataupun lari santai. Selain itu, memperhatikan waktu olahraga di bulan Ramadan juga dapat membantu kamu agar tetap sehat dan bugar dalam menjalankan ibadah puasa.

Nah, berikut beberapa tips waktu olahraga yang paling pas tanpa mengganggu kelancaran ibadah :

1. Sebelum Berbuka

Melakukan olahraga sebelum buka puasa merupakan waktu terbaik untuk olahraga. Hal ini tentunya sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Setelah berolahraga pun kamu bisa langsung berbuka.

2. Setelah Berbuka

Waktu terbaik untuk olahraga yang kedua adalah pada saat setelah berbuka puasa. Berbeda dengan olahraga pada saat sebelum berbuka puasa, olahraga setelah berbuka puasa ini tentunya lebih baik dilakukan dua sampai tiga jam setelah berbuka puasa. Tunggu hingga makanan dicerna oleh tubuh sehingga kamu dapat energi kembali untuk melakukan olahraga.

Jika energi sudah terisi, kamu pun dapat melakukan olahraga apapun yang kamu inginkan dari intensitas yang ringan sampai yang berat, termasuk untuk olahraga yang meningkatkan masa otot, tetapi perlu diingat, walaupun bisa melakukan olahraga apapun tetap sesuaikan porsinya dan jangan terlalu berlebihan, ya!

3. Setelah Sahur

Walaupun tidak sedikit orang yang memilih tidur setelah sahur, tetapi olahraga setelah sahur juga merupakan salah satu waktu terbaik saat puasa. Hal ini karena tubuh telah menerima energi dari makanan saat sahur.

Namun, sebaiknya olahraga pada waktu ini dilakukan dengan intensitas ringan saja. Olahraga setelah sahur baik dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa dengan tetap harus menyediakan energi untuk melakukan aktivitas lain sampai waktu berbuka tiba.

Nah, itulah tips waktu berolahraga pada saat bulan Ramadan agar kamu tetap bugar saat berpuasa, bagi orang dengan kondisi medis tertentu, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan olahraga saat puasa, ya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments