Sat, 24 February 2024

Wisuda UIN Bandung Ke-93, Rektor Baru Berikan Tips Raih Keberhasilan

Reporter: Siti Hanif F dan Wiwid Rahmadani G | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 295 kali

Sun, 17 September 2023
foto: Wiwid Rahmadani/Jurnalposmedia

JURNALPOSMEDIA.COM—UIN Bandung gelar sidang senat terbuka wisuda ke-93 lulusan program sarjana, magister, dan doktor  dengan tema “Generasi Emas, Berkarakter, dan Berbudaya”. Wisuda ke-93 ini menjadi perayaan wisuda pertama setelah pergantian rektor baru. Sabtu, (16/9/2023).

Meskipun di rayakan di Gedung Anwar Musaddad seperti wisuda sebelumnya, kali ini suasana tampak berbeda. Hal tersebut berkenaan dengan pergantian rektor baru setelah menjabat selama dua periode yang sebelumnya merupakan Wakil Rektor satu, Rosihon Anwar.

Dalam sambutannya, Rosihon menyampaikan beberapa tips keberhasilan orang-orang sukses yang dikutip dari buku dari seorang dosen lulusan Mag University yang berisi perjalanan para alumi.

Mengutip dari buku tersebut, Ia memaparkan empat tips, yakni refleksi, keingintahuan, rendah hati serta keseriusan dan hasrat.

Selain itu, Rosihon juga menyampaikan, wisudawan harus memiliki kecerdasan emosional.

“Ada yang penting yang perlu ditekankan oleh saudara-saudara, kecerdasan emosi. Saudara-saudara harus cerdas dalam membaca keadaan, lingkungan dan membaca zaman”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan wisudawan perlu memiliki kesabaran sebagai puncak keberhasilan.

“Kecerdasan emosi itu sederhana, sabar. Apalagi kita semua meyakini bahwa Allah sudah mengatur segalanya, asal kita mau berjuang dimana saja dan kita punya sifat sabar”, tambahnya.

Hal serupa juga dirasakan oleh salah satu wisuwati yang meraih gelar pujian dari program studi Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Sherly Putri.

“Calon wisudawan wisudawati tetap semangat juga tetap tabah dan sabar karena memang nanti cobaannya beda-beda tiap orang jadi ya harus tabah harus sabar harus ikhlas yang utama, ”jelasnya.

Merupakan informasi dari seribu wisudawan/i, Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fakultas terbanyak yaitu 216 wisudawan. Selanjutnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi 184, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 155, Fakultas Adab dan Humaniora 70, Fakultas Sains dan Teknologi 36, Fakultas Ushuludin 78, Fakultas Syariah dan Hukum 116,  Fakultas Psikologi 16. Dari program Magister 12, serta program doktor 10.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments