Thu, 23 May 2024

Tips Persiapan Jelang Ujian SBMPTN

Reporter: Ratih Pratiwi, Dhita Dewitri/Kontributor | Redaktur: Lisna | Dibaca 121 kali

Mon, 7 May 2018
Doc.net

JURNALPOSMEDIA.COM-Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebentar lagi akan dilaksanakan tepatnya pada 8 Mei 2018 besok.

Untuk itu, segala persiapan tentunya perlu dilakukan, ada beberapa rangkuman tips yang wajib kalian ketahui. Berikut adalah beberapa tips yang harus disiapkan, termasuk persyaratan yang wajib dibawah ketika mengikuti ujian SBMPTN.

1. Survei Ruangan

    Yang harus dipastikan adalah survei ruangan. Hal ini dilakukan agar kita tahu lebih awal ruangan pelaksanaan SBMPTN untuk tes nanti. Jadi, akan lebih memudahkan dan tidak memakan waktu lama untuk menemukan tempatnya. Biasanya jelang satu hari sebelum pelaksanaan panitia atau pihak PTN akan menentukan hari untuk peserta melakukan tinjauan ruangan ujian masing-masing.

2. Sarapan

   Selain bangun pagi, sarapan juga menjadi hal yang wajib untuk kamu lakukan ketika akan melaksanakan tes SBMPTN. Karena dengan sarapan kita bakalan lebih fokus dan produktif untuk mengerjakan soal. Intinya kalian bisa lebih fokus apabila perut telah terisi.

3. Cek Persyaratan yang Harus Dibawa

   Periksa dan siapkan kembali Kartu Tanda Peserta Ujian dan berkas-berkas yang dibutuhkan, jangan sampai ada yang tertinggal. Selain itu siapkan alat tulis seperti pensil, penghapus, ballpoint, papan dada, dan perlengkapan tulis lainnya. Khususnya bagi anda yang akan menjalani Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC). Diusahakan jangan sampai meminjam ketika ujian sedang berlangsung, karena dikhawatirkan akan menggangu konsentrasi perserta lain.

4. Datang Tepat Waktu

   Hindari kebiasaan datang terlambat dan hapus budaya “ngaret” yang ada pada diri anda. Dalam situasi seperti ini kita dituntut untuk datang tepat waktu, minimal 30 sampai 60 menit sebelum ujian dimulai.

5. Patuhi Aturan dan Tata Tertib

   Salah satu persyaratan yang paling berpengaruh lainnya adalah kedisiplinan, kita harus mematuhi segala peraturan atau tata tertib yang ada, demi kelancaran dan kenyamanan bersama.

6. Penguasaan dan Pembekalan Materi

   Stop sistem kebut semalam. Seleksi masuk perguruan tinggi sangat penting, karena ini menyangkut cita-cita dan masa depan anda. Jadi, materi ujian harus kita pelajari dari jauh-jauh hari. Bahkan banyak bagi sebagian orang mengikuti berbagai kursus untuk mengikuti ujian ini supaya diterima di universitas yang di impikan.

7. Berdo’a

    Jika ikhtiar telah kita kerahkan semua, tahap terakhir adalah berdo’a dan memohon yang terbaik kepada Allah SWT. dan berserah diri hanya kepada-Nya dan terima bagaimana pun hasilnya. Allah berfirman yang artinya: “Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal (kepada-Nya),” (QS Ali Imran: 159). Dan perlu diingat bahwa, hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments