Talk Show My Ilkom: Sikap dan Mental Generasi Muda Menyongsong Bulan Ramadan

JURNALPOSMEDIA.COM – Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ) Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Bandung kembali menggelar Talk Show My Ilkom ke-20 melalui Zoom Meeting, Kamis (31/3/2022).

Diskusi ini menghadirkan dosen Ilmu Komunikasi UIN Bandung, Bahrudin dan Kepala Divisi Eksternal Bidang Humas Lembaga Dakwah Mahasiswa, Alif Safikri sebagai narasumber.

Diskusi diawali dengan pembahasan tentang bagaimana sikap anak muda dalam menghadapi bulan Ramadan. Bahrudin mengatakan, anak muda harus menyambut bulan Ramadan dengan bahagia, gembira, dan antusias karena seperti yang umat muslim yakini bahwa bulan Ramadhan itu ialah bulan yang paling mulia.

Diskusi berlanjut hingga sesi tanya jawab dengan audiens, Novanca Nafista yang merupakan salah satu audiens dalam diskusi ini meminta tips menjalin silaturahmi (buka bersama) tanpa meninggalkan ibadah.

Alif menyampaikan pengalamannya terkait hal itu. Ia bersilaturahmi dan tetap melaksanakan ibadah dengan cara setelah buka puasa, ia dan teman-temannya bersama-sama pergi ke masjid untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah.

“Ketika sudah buka puasa kita bareng-bareng ke masjid untuk tarawih bersama, setelah itu kan kita bisa lanjut diskusi, ngobrol-ngobrol lagi,” tutur Alif.

Sedangkan menurut Bahrudin, hal tersebut bisa disiasati dengan banyak menghabiskan waktu bersama setelah selesai tarawih saja.

“Buka bersama itu bagus sebenarnya. Tetapi, jangan terlalu lama. Kalau sudah memasuki waktu tarawih ya pulang saja. Kalau tidak, bisa dengan ketika buka puasa kita hanya makan ringan, lalu makan berat bersama setelah salat isya dan tarawih berjamaah,” jelasnya.

Bahasan terakhir dari diskusi ini tentang apa yang harus dipersiapkan generasi muda dalam menyongsong bulan Ramadan. Menurut Bahrudin, baiknya generasi muda membuat agenda selama bulan Ramadan agar setidaknya dalam sebulan itu ada kegiatan-kegiatan positif yang kita kerjakan.

“Bisa dengan membuat agenda, atau rencana kegiatan Ramadan selama sebulan seperti pengajian dan lain sebagainya,” pungkasnya.

 

 

Rekomendasi
Leave A Reply

Your email address will not be published.