Mon, 17 June 2024

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila dan Tema Peringatan Tahun 2023

Reporter: Siti Suaidah | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 391 kali

Thu, 1 June 2023
(Sumber foto: freepik.com)

JURNALPOSMEDIA.COM – Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni 1945. Setiap tahunnya memiliki beragam tema yang diusung, peringatan Hari Lahir Pancasila juga dijadikan sebagai hari libur nasional karena merupakan dasar negara Indonesia.

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

Dalam sejarahnya, Pancasila lahir bermula dari rapat-rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pada sidangnya, lahirlah dasar negara Indonesia yang disebut Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945.

Melansir dari Detik.com, sidang pertama BPUPKI secara resmi digelar pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Sejumlah tokoh menyampaikan pidatonya terkait perumusan asas dasar negara dalam sidang tersebut. Para tokoh perumus itu di antaranya Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno.

Dari Buku Ajar Pendidikan Indonesia oleh Irwan Gesmi dan Yun Hendri, Soekarno mengemukakan buah pikirannya kepada seluruh peserta sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945. Ir. Soekarno menjelaskan dan menguraikan nilai-nilai yang menjadi landasan ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila. Dasar negara versinya terdiri atas lima sila, diantara-nya sebagai berikut:

• Kebangsaan Indonesia (Nasionalisme)

• Peri Kemanusiaan (Internasionalisme)

• Demokrasi (Mufakat)

• Kesejahteraan Sosial

• Ketuhanan Yang Maha Esa

Setelah pidato Soekarno tersebut, Dokuritsu Junbi Inkai atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) secara bulat menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia pada 18 Agustus 1945.

Adapun penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila baru dimulai pada masa kepresidenan Joko Widodo. Mengutip Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, 1 Juni ditetapkan sebagai peringatan nasional Hari Lahir Pancasila. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Peringatan Hari Lahir Pancasila mengusung tema yang berbeda setiap tahunnya mulai dari 2016. Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, tema yang diusung tahun ini cukup spesial.

Tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini memiliki tagline khusus, yaitu “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments