Sun, 21 July 2024

Scribble Art, Coretan Ceker Ayam Bernilai Seni

Reporter: Haikal Abrori | Redaktur: Putri Restia Ariani | Dibaca 3409 kali

Sun, 12 April 2020
Sosok Presiden RI Pertama, Soekarno, dalam lukisan Scribble Art (Sumber: instagram: sada_rupa)

JURNALPOSMEDIA.COM-Bagi kalian yang mulai kebingungan karena kehabisan stok aktivitas saat #StayatHome, mulai sekarang tidak usah panik lagi. Ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu, terlebih bagi kalian yang senang menggambar ataupun ingin belajar teknik menggambar.

Teknik menggambar satu ini bukan teknik biasa, melainkan bernama Scribble Art atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Coretan Ceker Ayam”. Penasaran, bukan?

Scribble Art adalah teknik membuat sketsa melalui coretan-coretan berantakan dan tidak beraturan, yang sengaja dibuat untuk menghasilkan nilai artistik yang berbeda.

Sekilas memang sih, coretan-coretan itu seperti benang kusut dan hampir menyerupai coretan ceker ayam. Namun jika diamati lebih detail, objek yang digambar akan terlihat semakin jelas. Umumnya objek dari Scribble Art adalah sosok manusia.

Cara membuat Scribble Art tentu tidak mudah. Kalian harus mampu mengenali karakter objek serta memahami sisi gelap dan terang dari objek yang akan digambar. Misalnya saat akan membuat sisi gelap dari gambar, coretan perlu dipertebal dan dirapatkan. Sedangkan untuk menunjukkan sisi terang, guratan dibuat lebih merenggang atau lebih lebar.

Sumber: instagram (sada_rupa)

Jika dilihat-lihat teknik menggambar Scribble Art memang sulit, tetapi jika dijalani dengan serius pasti akan ada hasilnya. Teknik menggambar ini juga dapat kalian lakukan secara manual.

Alat-alatnya cukup simple, hanya sediakan satu buah pulpen ataupun pensil dan selembar kertas. Kalian juga bisa menggambarnya secara digital di gadget menggunakan aplikasi editing atau painting.

Selain itu, di samping mengisi kekosongan aktivitas selama pandemi, Scribble Art juga bisa menjadi salah satu wahana meraup untung, lho. Terbilang lumayan untuk menambah penghasilan daripada tidak produktif sama sekali.

Terlebih, saat ini Scribble Art sudah banyak diminati berbagai kalangan masyarakat. Di antaranya sebagai suvenir atau kado ulang tahun, wisuda, pernikahan, khitanan dan sebagainya. Hadirnya sosial media juga mempermudah kalian untuk memasarkan hasil karya.

Kini Scribble Art sudah mulai terkenal di Indonesia semenjak buku Panduan Scribble Art karangan Khoirul Anwar mulai dijual di pasaran. Sejak saat itu, banyak bemunculan jasa pembuat scribble art.

Supaya tetap produktif selama berada di rumah, yuk mulai warnai lembaran kertas kalian dengan Scribble Art. Selamat mencoba, semoga sukses dan semoga kita selalu dalam keadaan baik-baik saja.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments