Sat, 13 July 2024

Sambut Hari Raya, Inilah Tata Cara Salat IdulFitri

Reporter: Siti Suaidah | Redaktur: Sopiyani Solihah | Dibaca 190 kali

Fri, 21 April 2023
salat idul fitri
(Gambar: Pinterest)

JURNALPOSMEDIA- Salat Idulfitri merupakan momentum bagi umat islam dalam menyambut hari raya. Ibadah yang dilakukan dalam satu tahun sekali ini, dilaksanakan setelah umat islam menunaikan puasa selama satu bulan pada Bulan Ramadan.

Meskipun salat ini hukumnya sunah oleh para ulama, namun kita harus tetap memperhatikan tata cara melakukan salat Idulfitri dengan benar. Adapun tata cara salat Idulfitri sedikit berbeda dengan salat pada umumnya, ini terlihat pada jumlah takbir dan adanya khotbah setelah melaksanakan salat.

Lalu, bagaimanakah cara salat Idulfitri yang baik dan benar? Tertulis dalam kitab Fathul Qarib karya Muhammad bin Qasim Al Gazhi, melansir dari Liputan6.com, inilah tata cara salat IdulFitri.

  1. Niat Salat Idulfitri

Niat wajib dilafalkan dalam hati apabila dilafalkan dengan bersuara maka hukumnya sunah. Berikut adalah niat untuk salat  Idulfitri:

– Niat salat  untuk imam:

أُصَلِي سُنَّةً لِعِيْدِالْفِطْرِإِمَامًا لِلّهِ تَعَلَى

Artinya: “Aku niat salat sunah Idulfitri dua rakaat menjadi imam karena Allah Ta’ala”

– Niat salat  untuk makmum:

أُصَلِّي سُنَّةً لِعِيْدِالْفِطْرِ مَأْمُوْمًا لِلّه تَعَالَى

Artinya: “Aku niat salat sunah Idulfitri menjadi makmum karena Allah Ta’ala”

  1. Membaca Takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. Takbir Tujuh Kali (Rakaat Pertama)

Pada salat Idulfitri ini, jumlah takbir berbeda dengan salat pada umumnya. Takbir rakaat pertama dilakukan sebanyak tujuh kali dibarengi dengan membaca tasbih.

سُبْحَانَ الِله وَالْحَمْدُلِلهوَلَا إِلهَ إِلَّا الله وَاللهُ اَكْبَرْ وَلَا حَوْلَى وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: ” Maha Suci Allah, segala pujian bagi Allah, tiada Tuhan melainkan Allah, Allah Maha Besar, dan tiada daya dan upaya serta kekuatan (bagi kita) melainkan dengan kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

  1. Membaca Surah Al-Fatihah
  2. Membaca Surah Pendek
  3. Gerakan seperti Salat Lainnya

Setelah membaca surah pendek, dilanjutkan dengan gerakan salat sesuai dengan tata cara salat pada umumnya hingga rakaat pertama selesai.

  1. Takbir Lima Kali (Rakaat Kedua)

Selesai rakaat pertama, takbir dilakukan sebanyak lima kali dan sama seperti sebelumnya yaitu dibarengi dengan membaca tasbih yang tertulis di atas.

  1. Membaca surah Al-Fatihah yang dilanjutkan dengan surah pendek. Setelah itu, gerakan sama seperti salat lainnya meliputi rukuk, Iktidal, sujud, duduk diantara dua sujud, tahiyat akhir, dan terakhir membaca salam.

Demikian tata cara salat Idulfitri yang Jurnalposmedia rangkum, semoga bermanfaat. Selamat Hari Raya Idulfitri.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments