Roda Organisasi di Era Pandemi, Salman: Kegiatan Organisasi Mengalami Hambatan

JURNALPOSMEDIA.COM – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Bandung menggelar Talk Show My Ilkom ke-3 via Zoom Meeting pada Jumat (3/9/2021). Berkolaborasi dengan Korps Protokoler Mahasiswa Jurusan (KPMJ) Ilmu Komunikasi, acara ini mengangkat topik “Optimalisasi Jalannya Roda Organisasi di Era Pandemi”.

Acara ini menghadirkan dua pembicara yaitu Presiden Mahasiswa Jurnalistik, Muhammad Salman dan Ketua Hima Humas, Bima Fauzi Permana yang dipandu oleh Novanca Nafista sebagai pembawa acara.

Talk Show My Ilkom mengawali acara dengan diskusi tentang pengaruh pandemi Covid-19 pada kegiatan organisasi. Salman menjelaskan, pandemi ini membuat kegiatan organisasi mengalami beberapa hambatan, sehingga terjadi perubahan pada kegiatannya.

“Pertama kondisi di lapangan yang berbeda, dulu sebelum pandemi kita dapat menggunakan fasilitas kampus untuk rapat dan lainnya. Sedangkan sekarang terbatas dan kita harus mengoptimalkan teknologi yang ada untuk kegiatan rapat. Ada juga penyesuaian dalam program kerja yang relevan dengan keadaan,” jelasnya.

Sementara itu, Bima berpendapat masa pandemi Covid-19 membuat beberapa program kerja (proker) organisasi mengalami penurunan, seperti proker yang akan melibatkan banyak orang.

”Masa pandemi membuat progran kerja tentu mengalami penurunan. Seperti program kerja di bidang seni dan olahraga karena memang bidang tersebut kemungkinan melibatkan banyak orang. Semua program kerja kita pun mengacu pada keadaan saat ini,” ujarnya.

Diskusi berlanjut pada bagaimana cara menghadapi keluhan dan keresahan yang ada dalam suatu organisasi.

Salman mengatakan, terbukanya pengurus dengan anggota adalah cara menghadapi keluhan dan keresahan yang ada. Sehingga dapat mencari jalan keluar secara bersama-sama dan menjaga stabilitas organisasi.

“Keluhan dan keresahan pasti ada, tinggal bagaimana kita berpikir untuk menjaga stabilitas organisasi. Di Hima Jurnalistik sendiri, kita berusaha menjadi pengurus yang terbuka dengan mendengarkan keluhan dan keresahan yang ada, dengan demikian kita akan lebih mudah mencari jalan keluar dari masalah yang ada,” ungkapnya.

Bima ikut berpendapat, untuk menghadapi keluhan dan keresahan yang timbul dalam organisasi adalah menyediakan tempat diskusi. Memberi ruang antar anggota dan pengurus sehingga tercipta semangat organisasi.

“Hima Humas sendiri, setiap rapat sebelum kita masuk ke pembahasan inti, kita terlebih dulu melakukan diskusi. Menyampaikan kendala dan keresahan masing-masing untuk diselesaikan bersama, sehingga semangat berorganisasinya tumbuh kembali,” jelasnya.

Ketua KPMJ Ilmu Komunikasi, Abdul Manaf mengatakan, Talk Show My Ilkom ke-3 bertujuan untuk memberi edukasi kepada mahasiswa baru angkatan 2021 tentang kehidupan organisasi di masa pandemi. Menunjukan bagaimana roda organisasi masih bisa berjalan di tengah keterbatasan yang ada.

Manaf berharap, mahasiwa baru dapat mengenal lebih dekat kehidupan organisasi terkhususnya Hima. Mahasiswa baru diharapkan dapat beradaptasi di masa pandemi ini agar tetap aktif dan dekat dengan jurusannya.

“Para mahasiwa baru semoga dapat mengetahui produktivitas Hima, supaya lebih dekat lagi dengan Hima. Intinya sih supaya mahasiswa baru bisa beradaptasi di era pandemi dengan dirangkul langsung oleh para kakak tingkatnya agar tetap aktif,” pungkasnya saat dihubungi Jurnalposmedia, Sabtu (4/9/2021).

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.