PTIPD UIN Bandung Siapkan Pelatihan ICT Bersertifikasi Internasional

JURNALPOSMEDIA.COM – Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN Bandung akan melaksanakan pelatihan Information and Communication Technology (ICT) secara online. Pendaftaran sudah dibuka sejak 17 Juni – 20 Juli 2021 lalu melalui laman https://ict.uinsgd.ac.id/.

Ketua Divisi Training ICT, Yogi Saputra Assyahab mengatakan, pelatihan diberikan untuk mahasiswa dalam menunjang kelulusan. Sertifikat hasil pelatihan ICT dapat dilampirkan pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

“Pelatihan ICT merupakan fasilitas untuk mahasiswa dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sudah dibayarkan. Sesuai pedoman akademik, pelatihan ICT wajib diikuti mahasiswa,” jelasnya saat dihubungi Jurnalposmedia, Kamis (22/7/2021).

Ia menambahkan, SKPI menjadi dokumen pendukung yang dapat dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Di dalamnya menerangkan kompetensi mahasiswa yang dapat digunakan untuk menentukan pekerjaan sesuai dengan keahliannya.

Yogi berpesan, mahasiswa angkatan 2018 yang akan mengukuti pelatihan, untuk bersabar menunggu informasi selanjutnya soal pelaksanaan ICT. Selain itu, peserta diharapkan untuk serius mengikuti pelatihan.

“Kita akan menginformasikan dengan surat resmi serta melalui media kami, baik PTIPD ataupun UIN Bandung. Setelah itu, mohon keseriusannya dalam mengikuti kegiatan ini. Karena menurut saya, sertifikasi ini merupakan bekal untuk kompetensi dalam pasar kerja,” tuturnya.

Mekanisme Pelatihan ICT 2021

Pelatihan ICT telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, memfasilitasi mahasiswa angkatan 2014 – 2017 dengan tema ”Digital Academic Writing”. Yogi mengatakan, ICT 2021 akan dilaksanakan dengan inovasi berupa pelatihan bersertifikasi internasional Microsoft Office Specialist (MOS).

“Ada inovasi yang dilakukan untuk mahasiswa angkatan 2018 dalam pelaksanaan ICT 2021, yaitu pelatihan bersertifikasi internasional Microsoft Office Specialist (MOS). Sertifikasi yang diselenggarakan oleh Microsoft ini, akan menguji kemampuan mahasiswa menggunakan program dari Microsoft Office,” ujarnya.

Ada perubahan dalam pelaksanaan ICT 2021 yang dilakukan secara online. Peserta harus menggunakan aplikasi sebagai media belajar dan mengikuti pelatihan dari rumah.

“Pelaksanaan ICT tahun ini dilakukan secara daring, yaitu menggunakan aplikasi daring dan tambahan mesin pelatihan ICT sebagai media belajar. Sebanyak enam kali masa pelatihan dan satu kali ujian ICT, total pertemuan ICT pada tahun ini adalah tujuh kali,” katanya.

Pelatihan ICT 2021 akan menyeleksi 100 orang peserta terbaik menggunakan sistem seleksi Computer Based Test (CBT) untuk mendapatkan sertifikasi internasional.

Untuk peserta yang tidak lolos pelatihan, akan tetap mendapatkan sertifikat kerja sama antara Certiport Quadra dengan UIN Bandung.

Namun, menurutnya, kondisi pandemi membuat koordinasi dengan mahasiswa terkait informasi pelatihan ICT menjadi terhambat.

Peserta pelatihan ICT 2021, Salsabila Saifanah mengaku, belum terlalu paham soal pelatihan ICT akibat kurangnya sosialisasi dari pihak kampus kepada mahasiswa angkatan 2018.

“Sejauh ini, kita cuma dapat info dari kakak tingkat kalau ICT ini penting untuk syarat sidang. Kita juga sudah mendaftar, namun tanggal pelatihan dan tes masih belum jelas, khawatirnya kita tidak punya persiapan,” pungkasnya.

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.