Mon, 22 July 2024

PJTD 2023, Rachman Alizar: Anggota Pers Harus Memiliki Kolaborasi dan Keberanian

Reporter: Nehaya Faza Saniya/Magang | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 437 kali

Tue, 30 May 2023
(Sumber Foto: Carissa Putri Wiwaha/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Jurnalposmedia UIN Bandung kembali gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Bertempat di Villa Rajawali Cilengkrang pada 27-28 Mei 2023, tema yang diusung tahun ini ialah “Menjadi Jurnalis Muda yang Kompeten, Kritis, Berani, dan Kolaboratif”.

PJTD merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Jurnalposmedia sebagai langkah awal penerimaan anggota baru. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi media pembekalan para calon anggota baru dengan serangkaian ilmu yang berkaitan dengan ilmu jurnalistik sebelum menghadapi masa magang.

Dilaksanakan setiap tahun, Ketua Bidang Acara PJTD 2023, Rachman Alizar mengungkapkan tema dan fokus capaian tahun ini.

“Yang berbeda dari acara tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni dari tema. Tujuan tema tahun ini untuk mendidik peserta PJTD menjadi jurnalis yang berani, berpikir kritis dan dapat kolaboratif,” ungkapnya saat diwawancarai Jurnalposmedia, Minggu (28/5/2023).

Ia menuturkan, tema kolaboratif merupakan upaya dan harapan panitia terhadap peserta agar kedepannya selalu sedia bekerja sama dan berkolaborasi satu sama lain.

“Karena kita anggota pers tidak bisa berdiri sendiri, jadi sangat diperlukan kolaborasi dan keberanian dalam pengambilan keputusan, terutama dalam pengambilan isu dan pemilihan narasumber,” jelasnya.

Rachman juga turut mengutarakan harapannya bagi peserta PJTD 2023.

“Harapannya semoga PJTD tahun ini dapat membentuk jurnalis muda yang tentunya kompeten dalam semua bidang terutama dibidang yang Ia minati. Lalu dapat berkolaborasi dengan sesama anggota jurnalposmedia, karena dengan kolaborasi tersebut pers akan lebih maju,” ucapnya.

Di samping itu, salah satu peserta PJTD 2023, Jeni Ritanti menjelaskan arti dari acara ini untuknya. Ia merasa bahwa kegiatan ini adalah wadah yang tepat untuk mencari ilmu dan pengalaman seputar kejurnalistikan.

“Saya mengikuti PJTD ini dikarenakan Saya butuh ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan jurnalistik dan kegiatan ini merupakan wadah yang tepat untuk mencari hal tersebut,” ujarnya.

Terakhir, Jeni menyampaikan harapan setelah mengikuti PJTD 2023.

“Saya berharap semoga saya keterima di Jurnalposmedia, sehingga bisa lebih menguasai kejurnalistikan,” pungkasnya.

 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments