Mon, 17 June 2024

Perubahan Gelar Akademik S.Sos. menjadi S.I.Kom., Darajat Wibawa: Gelar Tak Menjamin Cepatnya Dapat Pekerjaan

Reporter: Siti Hanif F dan Wiwid Rahmadani G | Redaktur: Zahra Pajriyanti A | Dibaca 1111 kali

Sun, 9 April 2023
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung telah mengubah gelar S.Sos menjadi S.I.Kom. (Sumber Foto: Hasemi Fauziah/ Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA – Berdasarkan surat keputusan rektor Nomor B-236/Un.05/I.1/PP.00.9/02/2023, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung telah mengubah gelar S.Sos. menjadi S.I.Kom. Gelar tersebut diperuntukkan bagi sarjana program studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat.

Surat keputusan tersebut dikeluarkan pada bulan Februari 2023. Sementara itu, pengajuan perubahan gelar telah diajukan ke bagian Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) sejak tahun 2015.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Darajat Wibawa mengaku proses perubahan gelar tersebut cukup memakan waktu karena adanya kesibukan dari pihak lain.

“Mungkin karena kesibukan dan lain hal, jadi mulai intens lagi tahun 2022 awal,” ungkap Darajat Wibawa saat diwawancarai Jurnalposmedia, Kamis (6/4/23).

Selain itu, terdapat alasan mendasar diubahnya gelar tersebut yakni dikarenakan keluarnya surat keputusan Pendidikan Nasional (Diknas) tahun 2016.

Bahkan Darajat sendiri memberikan bocoran terkait akan adanya program S2 Ilmu Komunikasi yang mana tinggal satu langkah lagi di tingkat kampus, kemudian pengajuan ke Dikti dan selanjutnya proses akreditasi.

Dia juga menyampaikan hal yang menjadi pembeda antara gelar S.Sos. dan S.I.Kom. ialah dari segi spesifikasinya.

“Gelar tidak terlalu menjamin cepatnya dapat pekerjaan, tergantung kepada kepiawaian kita. Hanya saja S.I.Kom. menjadi tanda serta ciri bahwa kita dari Ilkom,” ujarnya.

Anshary Madya Sukma selaku wisudawan jurusan Jurnalistik bergelar S.Sos. menyatakan bahwa dengan adanya pergantian gelar ini, sangat memungkinkan para sarjana untuk mendapatkan keuntungan saat masuk ke perusahaan.

Pernyataan tersebut juga diakui oleh Yazid A’es selaku wisudawan jurusan Hubungan Masyarakat bergelar S.I.Kom.

“Jadi untuk prospek kerja, dengan adanya gelar S.I.Kom. ini bisa menambah kekuatan values mahasiswa jebolan komunikasi UIN Bandung,” ujar Yazid.

Selain itu, salah satu mahasiswa semester enam jurusan Jurnalistik, Siti Azzahra Putri mengungkapkan harapannya terkait perubahan gelar ini.

“Semoga S.I.kom. khususnya di UIN Bandung ini lebih berkembang lagi dengan karya yang sudah banyak dan terus meningkatkan kemampuan pada potensi yang ada pada mahasiswanya,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments