Thu, 23 May 2024

Persiapan KKN 2019 Baru Tahap awal

Reporter: Riki Baehaki | Redaktur: Nazmi Syahida | Dibaca 187 kali

Wed, 6 March 2019
dok. usatpengabdian.uinsgd.ac.id

JURNALPOSMEDIA.COM–Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Bandung, persiapkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN Sisdamas) 2019 bagi mahasiswa 2016.

LP2M masih melakukan persiapan awal KKN 2019 yakni, persiapan meliputi lokasi yang akan dijadikan tempat, pola dan konsep yang akan dilaksanakan. Tetapi, Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat,  Ramdani Wahyu Sururi mengatakan belum bisanya dipublikasikan perihal pola dan konsep tersebut.

Mengenai lokasi KKN, terdapat beberapa kendala seperti yang dijelaskan oleh Ramdani, “Untuk lokasi, kita terhambat dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang akan dituju, surat permohonan sudah diberikan sejak awal Februari namun, belum ada jawaban dari Pemda yang bersangkutan. Seperti Pemda Majalengka, Sumedang dan Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Adapun hal tersebut, Ramdani mengungkapkan belum bisa melakukan mediasi mengenai tema, tujuan dan hal lainnya dengan pihak Pemda tersebut, “Kita belum dapat menginformasikan mengenai KKN 2019 kepada mahasiswa,” tuturnya saat ditemui Jurnalposmedia Senin, (04/03/2019).

Inovasi yang diluncurkan pada KKN 2019 ini, berencana akan memberikan bantuan kepada kelompok terbaik untuk melakukan program pemberdayaan dengan mengajukan proposal kepada LP2M, sehingga setiap kelompok diperintahkan untuk membuat proposal lalu, akan diterima 10 sampai 20 proposal. Mahasiswa pun dipersilahkan mencari anggaran untuk program pemberdayaan tersebut.

Ramdani berharap adanya apresiasi kepada mahasiswa dan lembaga dari lokasi KKN atau pemerintah daerah atas kehadiran mahasiswa di masyarakat. “Selain apresiasi pun, mahasiswa dapat mencari dana dengan ketentuan yang ada, sehingga dapat menjadi pemberdayaan bagi masyarakat yang dikelola oleh mahasiswa,” tegasnya.

Salah satu mahasiswa Sosiologi 2016, Dandi Oktavian menyatakan bahwa belum menerima informasi yang jelas mengenai KKN 2019 ini, karena memang belum ada kabar langsung dari pihak universitas. “Semoga KKN ini kita sebagai mahasiswa bisa mengamalkan ilmu yang telah didapatkan selama masa perkuliahan, untuk diaplikasikan di masyarakat serta menjalankan peran dan fungsi mahasiswa itu sebagaimana mestinya,” pungkasnya. Selasa, (5/3/2019)

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments