Sat, 13 July 2024

Persiapan Dema-F Menjelang PBAK, Mulai dari Pra, Hari Pelaksanaan, dan Pasca

Reporter: Akhmad Arifin/Sri Wahyuni | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 246 kali

Wed, 24 August 2022
(Sumber gambar: A'raf Fathun Najib)

JURNALPOSMEDIA.COM Berdasarkan agenda UIN Bandung, kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2022 akan dilaksanakan pada 29–31 Agustus 2022. Pada hari pertama dan kedua akan diadakan PBAK Universitas dan dilanjutkan dengan PBAK Fakultas pada hari ketiga.

“Kegiatan PBAK Fakultas kami inisiasi dari kepanitiaan Dema-FDK yang bernama Pengenalan Akademik Kemahasiswaan (Pantasi) Fakultas Dakwah dan Komunikasi,” ujar ketua umum Dema FDK, Muhammad Ilham Alhusairy.

Persiapan Dema-F Menjelang PBAK

Ilham mengatakan, terkait open recruitment, persiapan, teknis, konsep, dan term of reference (TOR) untuk kegiatan PBAK Fakultas telah selesai dikordinasikan bersama Dema-F dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di lingkungan FDK.

“Sampai detik ini, kita sedang merancang bagaimana posisi persiapan teknis pelaksanaanya bersama panitia yang telah kita seleksi,” jelasnya.

Rangkaian Acara PBAK FDK 2022

Berdasarkan keterangannya, kegiatan PBAK Fakultas akan dilaksanakan di Gedung Abjan pada tanggal 10 sampai 11 September 2022. Terdapat tiga rangkaian acara, yaitu pra kegiatan, pelaksanaan, dan pasca kegiatan.

Adapun pra dari pelaksanaan kegiatan tersebut akan diisi dengan guider mentoring dan pengelompokan mahasiswa dari berbagai jurusan.

“Pra kegiatan akan dilaksanakan tanggal 30 atau 31 Agustus. Mentoring ini berkaitan dengan kreasi kemahasiswaan karena Fakultas Dakwah identik dengan kreasi sehingga diorentasikan untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa,” ujarnya.

Acara akan dilanjut dengan kegiatan PBAK Universitas yang diikuti oleh semua mahasiswa baru di dalamnya. Akan ada kegiatan pengenalan akademik Fakultas, Webinar atau talk show, dan Komunika Show atau ajang unjuk bakat mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Komunika Show Sebagai Ajang Unjuk Bakat

“Untuk pelaksanaannya memang kita juga mengikuti yang dilaksanakan oleh universitas. Di situ ada pengenalan budaya kampus dilanjut dengan kegiatan talk show bersama alumni dan diakhiri dengan Komunika Show,” ungkapnya

Kegiatan Komunika Show bertujuan untuk hiburan dan persembahan kepada mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“Komunika Show ini seperti halnya penampilan dari kakak tingkat kepada mahasiswa baru. Untuk mahasiswa baru mungkin ada dan kita akan seleksi terlebih dahulu mahasiswa yang memiliki potensi untuk ditampilkan di acara Komunika Show,” ujarnya.

Ilham berharap PBAK kali ini bisa memberikan suntikan euforia pada mahasiswa baru, agar merasakan bagaimana kegiatan kampus yang sebenarnya, transisi dari SMA ke mahasiswa seperti apa, dan juga bisa memantik semangat siswa untuk menjadi mahasiswa yang kemungkinan besar terhenti karena pandemi.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments