Fri, 23 February 2024

Penting untuk Mahasiswa, Simak 3 Jenis CV Sebagai Modal Menuju Dunia Kerja

Reporter: Penting untuk Mahasiswa, Simak 3 Jenis CV Sebagai Modal Menuju Dunia Kerja | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 152 kali

Sun, 27 November 2022
Sumber Foto : Shutterstock

JURNALPOSMEDIA.COM- Sebagai mahasiswa yang akan menapaki dunia kerja, penting sekali untuk kita bisa mendeskripsikan keahlian diri dengan pengemasan narasi yang baik melalui Curriculum vitae (CV).

Hampir seluruh instansi atau perusahaan pasti meminta calon karyawannya melampirkan CV. Tak hanya itu, dalam kegiatan semi formal pun terkadang kita dituntut untuk membuat catatan ringkas riwayat hidup kita.

Meski hal tersebut penting, tapi sebagian dari kita masih bingung merancang serta menentukan perwajahan, segmentasi, sasaran,  dan jenis CV yang kita lampirkan.

Melansir beberapa sumber, berikut jenis CV yang perlu kita tahu sebagai modal menuju dunia kerja. 

CV Formal

CV formal ini memiliki format Applicant Tracking System (ATS) friendly yang berfungsi untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat kronologis pada diri kita, biasanya ini berisi tentang pendidikan, pengalaman bekerja, dan penghargaan-penghargaan yang telah kita raih semasa hidup. 

Jenis CV formal bisa dibilang mudah dibuat tapi terkesan kaku sebab tidak menampilkan desain hanya susunan tulisan. Sehingga informasi di dalamnya bisa terlihat jelas dan rapi. Sehingga tidak sulit untuk para perekrut mencari penjelasan yang dibutuhkan. 

Pembuatan CV ini juga tidak memerlukan software khusus, cukup hanya dengan menggunakan Mikroskop Word.

Jenis CV formal biasanya dibuat untuk melamar ke perusahaan seperti instansi resmi, pemerintahan, dan lainnya. 

Semi Formal CV 

Berbeda dari yang sebelumnya, pada tampilan CV semi formal kita bisa memasukkan format atau variasi tertentu yang diinginkan sesuai dengan kemauan.

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan CV semi formal ini adalah jangan membuat desain yang terlalu mewah atau penuh dengan elemen-elemen yang sebenarnya tidak diperlukan.

Bagaimanapun desain yang ditambahkan dalam pembuatan CV ini akan sangat memiliki nilai tersendiri, baik desain minimalis ataupun mengaplikasikan tema menarik lainnya. 

CV Kreatif

Selanjutnya, terdapat jenis CV kreatif yang biasa digunakan oleh desainer khususnya jika ingin melamar ke sebuah perusahaan di bagian desain atau seni. 

CV kreatif sendiri memiliki beragam dan banyak cara dalam membuatnya, salah satu cara adalah dengan aplikasi Canva. Tidak hanya itu, masih banyak aplikasi lain yang menunjang dalam pembuatan CV ini. 

Itulah beberapa jenis CV yang bisa digunakan saat melamar pekerjaan. Selain mengatur CV, kita sebagai mahasiswa atau calon pelamar pekerjaan juga harus mengembangkan diri kita ke arah karier dan tujuan yang diinginkan.

 

Reporter: Muhammad Luthfi Diantoro/Magang

Redaktur: Siti Barkah

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments