Fri, 23 February 2024

Pemilu 2019, Mahasiswa Rantau Tetap Bisa Mencoblos

Reporter: Retno Nur Hidayati | Redaktur: Nazmi Syahida | Dibaca 248 kali

Tue, 9 April 2019
Gambar: Abdul Latief/Jurnalposmedia

JURNALPOSMEDIA.COM-Bagi mahasiswa perantauan yang tinggal di luar domisili, masih bisa mengikuti pencoblosan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu dan mendapatkan alokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Panitia pemungutan suara TPS 06 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Wawan Setiawan mengatakan bagi mahasiswa yang merantau, kini bisa mengikuti pemilu. Tidak harus mudik untuk mencoblos tetapi harus mengikuti beberapa persyaratan.

“Kami membantu memberi pelayanan kepada mahasiswa yang meratau. Khususnya daerah cibiru yang didominasi oleh mahasiswa rantau. Syaratnya menunjukkan identitas berupa KTP dan mengisi formulir A5, selambat-lambatnya 30 hari sebelum pemungutan suara berlangsung,” katanya saat diwawancarai via whatsapp oleh jurnalposmedia, Senin (8/4/2019)

Lebih lanjut Wawan mengatakan, formulir tersebut digunakan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah pindah memilih.

“Formulir A5 yang telah didapat setelah menunjukan e-KTP tersebut nanti dibawa ke TPS terdekat, yang telah di sediakan dan akan masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),”jelasnya.

Salah seorang Mahasiswa UIN Bandung yang berasal dari Padang Sumatera Barat Putri mengatakan, dirinya tetap bisa memberikan hak suaranya untuk Pilpres 2019. Namun, untuk pemilihan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) ia  tidak bisa mengikuti karena tidak berdomisili di Bandung.

“Saya bisa mengikuti Pilpres 2019 dengan syarat menunjukan KTP dan nomber Kependudukan. Setelah itu saya mengisi formulir A5, beruntung saat itu kampus menyediakan stan untuk Pemilih di luar Pulau Jawa. Sehingga saya bisa mengikuti Pemilu,” ujarnya.

Putri berharap agar setiap Mahasiswa dapat berkontribusi dalam Pilpres di tahun ini walaupun sebagai perantau, selagi ada kesempatan yang diberikan maka kita harus melakukannya. Karena pilihan kita menentukan nasib kita kedepannya.

“Saya harap sebagai mahasiswa penerus generasi bangsa kita harus gunakan hak pilih kita sebagai warga Negara yang baik untuk Indonesia yang lebih baik,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments