Sat, 24 February 2024

Mengulik Awal Mula Hari Persahabatan Sedunia

Reporter: Sopiyani Solihah | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 185 kali

Sun, 30 July 2023
Ilustrasi: istockphoto.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Persahabatan adalah sesuatu yang berharga setelah keluarga. Kehadiran seorang sahabat kerap membuat pengaruh yang besar dalam diri kita. Bagi sebagian orang, sahabat adalah tempat untuk berbagi kisah dan menambah semangat. Saking pentingnya, Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pun menetapkan adanya Hari Persahabatan Sedunia pada 30 Juli 1958.

Tidak banyak yang mengetahui peringatan hari ini, namun faktanya, Hari Persahabatan Sedunia diperingati setiap tanggal 30 Juli setiap tahunnya sejak tahun 2011. Proklamir untuk peringatan hari persahabatan dunia ini langsung oleh Majelis Umum PBB dengan tujuan sebagai jembatan untuk menyatukan secara internasional antar negara dan budaya.

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia

Mengutip dari situs Nasional Today, ternyata sebelum ditetepkan oleh PBB, pada tahun 1958 organisasi World Friendship Crusade pernah mengusulkan untuk adanya hari persahabatan sedunia ini. Organisasi tersebut bergerak untuk menyatukan budaya melalui tali persahabatan.

Usulan tersebut berawal dari seorang tokoh yang berasal dari Paraguay, Dr. Ramon Artemio Bracho yang melakukan pertemuan dan makan malam bersama sahabatnya di tahun 1958. Seluruh masyarakat Paraguay mulai memperingatinya setiap tahun pada tanggal 20 Juli. Akan tetapi, perayaan tersebut bergeser ke tanggal 30 Juli yang kemudian disahkan menjadi Hari Persahabatan Dunia.

Meskipun secara internasional peringatan Hari Persahabatan diperingati pada tanggal 30 Juli, tetapi ternyata ada beberapa negara yang mempunyai tanggal dan penyebutan yang berbeda untuk hari persabatana ini. Berikut adalah beberapa negara dengan sebutan dan tanggal perayaan yang Jurnalposmedia rangkum dari beberapa sumber.

Perayaaan Hari Persahabatan di Berbagai Negara

1. Spanyol: Hari Teman, diperingati setiap tanggal 20 Juli. Biasanya, pada tanggal ini masyarakat Spanyol akan melakukan pertemuan dengan teman dan sahabat lama.

2. India: Hari Persahabatan, diperingati setiap hari Minggu di Bulan Agustus setiap tahunnya. Perayaannya berupa berpesta dengan teman-teman dan melakukan kirim mengirim surat dan pesan untuk teman yang jauh.

3. Finlandia: Hari Valentine, yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Bukan hanya di Finlandia, ternyata valentine sekarang sudah banyak diperingati di berbagai negara.

4. Kolombia: Haru Persahabatan, diperingati setiap Sabtu kedua di Bulan Maret setiap tahunnya. Untuk perayaannya hampir sama dengan perayaan Valentine yaitu dengan memberikan hadiah kepada teman, kerabat, dan sahabat atau dengan melakukan perayaan berpesta.

5. Bolivia: Hari Persahabatan, diperingati setiap tanggal 23 Juli dengan perayaan yang beriah berupa ungkapan kasih sayayng yang disebar ke seluruh teman dan sahabat baik atau melakukan pesta bersama.

Itu dia sebutan dan perayaan hari persabatan di berbagai negara yang bisa Jurnalposmedia bagikan pada kalian. Apakah kalian punya nama dan tanggal hari persabatan sendiri?

 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments