Pola Tidur Berantakan Saat Pandemi? Begini Cara Mengatasinya!

JURNALPOSMEDIA.COM – Dengan adanya pandemi Covid-19 membuat kebanyakan orang menghabiskan waktunya di rumah. Banyak sekali pola kehidupan yang berubah, mulai dari pola kerja, pendidikan, dan juga pola tidur.

Salah satu penelitian, Science Alert menunjukkan bahwa dengan di rumah saja seharusnya memberikan waktu lebih lama untuk beristirahat. Tetapi nyatanya tidak, sebagian orang mengalami kekurangan tidur (insomnia) sebagian lainnya justeru kelebihan jam tidur (hipersomnia). Dengan begitu, pola tidur kebanyakan orang menjadi berantakan.

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki pola tidur saat pandemi yang telah dirangkum untuk Anda.

Membuat jadwal tidur

Untuk memperbaiki pola tidur maka harus mengatur jadwal dengan konsisten. Jika melakukannya secara berulang, otomatis Anda akan bangun dan tidur di jam yang sama.

Menjaga asupan makanan

Jika ingin tidur teratur, Anda harus menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh. Caranya dengan menjaga pola makan agar tetap sehat dan seimbang. Pun harus mengurangi minuman yang kaya akan kafein dan alkohol.

Lakukan olahraga secara rutin

Cara selanjutnya dengan berolahraga. Salah satu cara paling baik karena membuat tubuh terasa bugar dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Lakukanlah olahraga secara teratur dan rutin di pagi atau sore hari.

Atur pencahayaan ruangan

Paparan cahaya berlebih akan menyulitkan Anda untuk tidur. Oleh karenanya, aturlah pencahayaan di sekitar dengan mematikan televisi atau menjauhkan diri dari cahaya gawaimu.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki pola tidur yang berantakan semasa pandemi. Mengingat tidur mempunyai peranan besar terhadap kesehatan, jadi usahakan untuk tidur selama 7-8 jam per hari ya!

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.