Sat, 24 February 2024

Menggabungkan Jurnalisme Data dan Multimedia Melalui PJTL 2022

Reporter: Dede Nulhakim/Akhmad Arifin | Redaktur: Hilma Halimah | Dibaca 167 kali

Mon, 29 August 2022
Potret Sambutan PJTL 2022 oleh birokrat, Darajat Wibawa (Sumber foto: Sri Rahayu/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM- Bidang Pers Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurnalistik UIN Bandung, Jurnalposmedia  menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) 2022. Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu 27-28 Agustus 2022 di Gedung Aswaja Center, Kota Bandung.

Pelatihan yang bertemakan “Mewujudkan Jurnalis Kritis dengan Kreativitas Media Interaktif” diikuti anggota Jurnalposmedia dari Angkatan 2019, 2020, 2021, dan beberapa mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD).

Tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan penguasaan teori, menambah soft skill, wawasan, dan keterampilan peserta di bidang kejurnalistikan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh ketua Organizing Committee (OC) PJTL 2022, Putri Mutiarani.

“Selain itu, pelatihan ini juga bisa lebih mendekatkan dan mengeratkan persaudaraan antara Jurnalposmedia angkatan 2019, 2020, dan 2021,” ungkapnya saat diwawancarai tim Jurnalposmedia, Minggu (28/8/2022).

Putri juga menjelaskan bahwa ada tiga materi yang tersaji dalam PJTL tahun ini, yaitu Jurnalisme Data, Jurnalisme Multimedia, dan Jurnalisme Visual/Desain Grafis. Acara diisi dengan pemaparan materi, penugasan, diskusi, ice breaking, juga mentoring. Syarat khusus untuk mengikutinya ialah mahasiswa aktif angkatan 2019-2021 dan pernah mengikuti PJTD sebelumnya dengan mengirimkan bukti sertifikat PJTD.

“Pelatihan ini diisi dengan berbagai kegiatan. Sejauh ini alhamdulillah acaranya cukup lancar sampai akhir,” ujarnya.

Harapan besar Putri untuk PJTL kedepannya adalah semoga dapat lebih baik lagi. Putri pun berpesan untuk generasi selanjutnya yang akan menjadi panitia PJTL, agar lebih bertanggungjawab dan memiliki tujuan serta arah yang sama untuk mencapai visi misi Jurnalposmedia itu sendiri.

Kesan Pesan Peserta PJTL 2022

Salah satu mahasiswi Jurnalistik Angkatan 2020, Susi Rosbaeni mengaku sangat senang atas pelatihan tersebut karena ia telah mendapatkan ilmu, wawasan dan relasi yang baru.

“Kesannya senang banget karena aku banyak mendapatkan ilmu, informasi, dan wawasan baru terkait materi-materi yang disampaikan seperti jurnalisme data, jurnalisme multimedia, dan desain grafis. Selain itu, aku juga mendapatkan banyak relasi baru,” ungkapnya.

Di antara ketiga materi yang tersaji, Susi lebih menyukai materi terakhir pada hari kedua mengenai Jurnalisme Visual/Desain Grafis.

“Aku suka materi infografis di hari kedua karena mudah dipahami dan bakal berguna banget buat aku. Semoga PJTL kedepannya bisa lebih seru lagi dengan mengundang banyak pemateri baru tentang kejurnalistikan,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments