Tue, 16 April 2024

Lima Tips Efektif Maksimalkan Produktivitas di Bulan Ramadan

Reporter: Shonya Nur Rohmatunnisya/Kontributor | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 134 kali

Sat, 16 March 2024
Sumber Ilustrasi: Pinterest

JURNALPOSMEDIA.COM Ramadan mewajibkan setiap umat Islam untuk berpuasa. Walau begitu, produktivitas haruslah tetap dijaga karena puasa bukanlah penghalang. Berikut Jurnalposmedia beri tips jaga produktivitas selama bulan Ramadan.

Seperti yang kita ketahui, pada bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Sambil berpuasa, kita tetap menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa terkecuali.

Berpuasa merupakan ibadah wajib selama Ramadan yang dilaksanakan selama sebulan penuh. Pelaksanaan puasa bukanlah penghalang untuk beraktivitas seperti biasa, namun, beberapa jadwal ibadah sunnah terkadang mengubah pola hidup dari biasanya.

Menurut situs kemkes.go.id perubahan pola hidup yang tidak baik saat berpuasa dapat menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan produktivitas yang baik selama berpuasa.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips produktivitas yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan agar puasa kamu lebih bermakna.

1. Meningkatkan interaksi dengan Al-Quran

Bulan Ramadan tentu menjadi kesempatan untuk meningkatkan keimanan. Tadarus Al-Quran menjadi amalan mulia yang dianjurkan untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

2. Membuat Ramadan tracker

Ramadan tracker dapat membantu dalam menentukan target capaian beribadah. Kamu bisa mengkreasikan sendiri target yang ingin dicapai mulai dari salat, tadarus, dan bersadaqah.

3. Menjalankan olahraga ringan

Saat sedang berpuasa, olahraga yang tidak terlalu berat harus tetap dijalankan untuk menjaga tubuh agar bisa menjalankan kegiatan sehari hari. Salah satu aktivitas mudah yang bisa di lakukan seperti jalan kaki atau jogging santai sebelum buka puasa.

4. Menjaga pola makan yang baik

Dilansir dari kemkes.go.id pola makan yang baik saat sahur dan berbuka memiliki peran penting untuk menjaga stamina tubuh. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih dan perbanyak makanan tinggi serat.

5. Menghentikan kebiasaan buruk

Untuk tetap menjaga puasa, beberapa kebiasaan buruk perlu dihindari baik dari segi keimanan seperti toxic dan bergibah. Maupun dari segi kesehatan seperti tidur setelah sahur, makan terlalu banyak di malam hari, dan mengonsumsi kafein berlebih.

Itu dia beberapa tips produktivitas yang dapat diterapkan di bulan Ramadan kali ini. Semoga bisa membantu dalam menjalankan ibadah puasa. Marhaban Ya Ramadan!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments