Sun, 29 January 2023

Jurusan Manajemen Haji dan Umrah UIN Bandung Segera Bentuk HMPS

Reporter: Siti Mariyam dan Alya | Redaktur: Sopiyani Solihah |

Mon, 12 December 2022

a
Para calon Ketua Umum HMPS MHU dan panitia ad-Hoc dalam acara verifikasi berkas calon Ketua Umum HMPS MHU 2022. (Sumber Foto; Koleksi pribadi panitia HMPS MHU)

JURNALPOSMEDIA.COM –  Selang dua tahun didirikan, jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU) mulai membentuk Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Organisasi ini nantinya akan segera diresmikan dalam Musyawarah Komisariat Mahasiswa (Muskom) HMPS MHU pada 15-16 Desember 2022 mendatang.

Ketua Panitia, Rifki Ahsanul Khuluk mengungkapkan, alasan baru dilakukan pembentukan HMPS MHU karena mengikuti peraturan yang telah ditetapkan Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U).

“Dalam regulasi yang dibuat oleh SEMA dan ketetapan pada SK (Surat Keputusan), minimal pembentukan harus dimulai dari mahasiswa semester lima atau minimal jurusan tersebut mempunyai tiga angkatan,” ujarnya kepada Jurnalposmedia, Jumat (9/12/2022).

Persiapan Muskom dalam rangka pembentukan HMPS MHU yang pertama ini, memakan waktu sekitar dua minggu. Meski terbilang singkat, Rifki menuturkan bahwa pihaknya tidak menemukan hambatan.

Berangkat dari dilaksanakannya peresmian HMPS MHU, akan ada ketua yang terpilih untuk memimpin bergeraknya roda organisasi tersebut.

Rifki Ahsanul menyebutkan, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon ketua HMPS MHU, di antaranya:

  1. Surat pernyataan, yang dibuat dan ditandatangani oleh calon sendiri, sebagaimana bukti pemenuhan syarat calon.
  2. Surat keterangan aktif kuliah dan surat berkelakuan baik dari bagian kemahasiswaan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
  3. Transkrip nilai dan/atau kartu hasil studi yang menunjukkan memiliki IPK minimal 3,25, sebagai bukti pemenuhan syarat calon.
  4. Pernah menjadi panitia MIQOT MHU yang dibuktikan Surat Keputusan Kepanitiaan atau Surat Keterangan.
  5. Sertifikat dan/atau surat keterangan yang menunjukan bahwa calon pernah mangikuti Orientasi Pembinaan atau Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Jurusan (MIQAT).
  6. Surat keterangan sehat.
  7. Membuat visi, misi dan program strategis dalam bentuk hardfile dan softfile.

Adapun regulasi dalam pemilihan ketua HMPS MHU memakai sistem keterwakilan dari setiap kelas.

“Sistemnya keterwakilan saja dari tiap Kosma per kelasnya. Kemudian, dua peserta peninjau dari jajaran SEMA serta dua delegasi dari tiap kelas,” ujarnya.

Pada saat diminta keterangan, Rifki menuturkan bahwa baru ada dua pendaftar yang mencalonkan diri menjadi ketua HMPS MHU. Pendaftaran ini sendiri dibuka sampai 11 Desember 2022.

Terakhir, Rifki juga mengungkapkan harapan untuk program studi MHU ke depannya.

“Harapan saya untuk MHU supaya lebih maju dan lebih dikenal lagi khususnya diruang lingkup kampus UIN Bandung,” tutupnya.

Reporter: Siti Mariyam dan Alya Izzati

Redaktur: Sopiyani Solihah

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments

Tag Terpopuler

Berita Terkini

Feature

Opini