Fri, 23 February 2024

Benahi Layanan Mahasiswa, KPMJ Ilkom Terapkan Sistem Front Office

Reporter: Alya Hamidatul Sida | Redaktur: Anggi Muliawati | Dibaca 196 kali

Sat, 23 February 2019
Salah satu anggota KPMJ berjaga di meja Front Office Ilmu Komunikasi yang bertempat di ruang jurusan, Jumat (22/2/2019) (Alya Hamidatul Sida/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM—Guna menertibkan mahasiswa yang mempunyai keperluan di ruang jurusan, Korps Protokol Mahasiswa Jurusan (KPMJ) Ilmu Komunikasi UIN Bandung menerapkan sistem Front Office (FO) di ruang jurusan Ilmu Komunikasi. FO telah beroperasi sejak dua minggu lalu. Selain untuk menertibkan mahasiswa yang mempunyai keperluan di jurusan, juga memudahkan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dengan dosen atau ketua jurusan.

FO dikhususkan bagi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yaitu Hubungan Masyarakat dan Jurnalistik. Dalam pelaksanaannya, FO dijaga oleh anggota KPMJ yang bergilir sesuai jadwal. Di sana telah disediakan buku tamu untuk mengisi nama, jurusan, dan keperluan di ruang jurusan untuk validasi data. Kemudian, mahasiswa menunggu giliran dipanggil untuk memenuhi kebutuhannya.

FO berfungsi untuk melayani tamu yang datang ke jurusan seperti ada perlu kepada dosen atau bimbingan. Selain itu, memberikan informasi tentang bagaimana keadaan di jurusan. Karena sebelumnya tamu yang datang ke jurusan tidak teratur dan banyak yang berlalu lalang, KPMJ juga menjadikan kendala ini sebagai fungsi dari FO yaitu memberikan pelayanan agar ruang jurusan lebih tertata dan rapi.

Ketua KOMJ, Ibrahim Lakoni mengatakan, setelah memasuki minggu kedua FO diberlakukan, masih belum terlihat adanya kendala yang berarti. “Sampai saat ini untuk kendala belum terlalu terlihat, karena baru berjalan di minggu kedua, walaupun masih banyak evaluasi kecil, seperti kurang kesepahaman antara kita di FO dengan mahasiswa,” ujarnya kepada Jurnalposmedia, Jumat (22/2/2019).

Ketua jurusan Ilmu Komunikasi, Darajat Wibawa berharap FO ini dapat memudahkan interaksi antara dosen yang hendak ditemui dengan mahasiswa dan dapat meminimalisir kendala yang terjadi saat ada keperluan di ruang jurusan. “Dengan hadirnya ini bisa diberikan bimbingan kepada mahasiswa yang mempunyai keperluan, jangan sampai mahasiswa nunggu lama, jadi front office bisa memberi informasi terhadap ketersediaan dosen yang ingin ditemui,” ungkapnya di ruang jurusan Ilmu Komunikasi, Kamis (21/2/2019).


 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments