Thu, 23 May 2024

Jurnalistik Peduli Tetap Aktif Tebarkan Kepedulian Di Tengah Pandemi

Reporter: Syifa Maulidha A/ Mohammad Haekal T | Redaktur: Ghina Tsuroya | Dibaca 302 kali

Sun, 4 October 2020
Logo Jurnalistik Peduli yang merupakan program bidang Intelektual dan Sosial Hima Jurnalistik UIN Bandung. (Sumber: Jurnalistik Peduli/Instagram).

JURNALPOSMEDIA.COM Program Jurnalistik Peduli (Jupe) tetap berjalan meski dilaksanakan saat pandemi Covid-19, Minggu, (4/20/2020).

Jurnalistik Peduli merupakan salah satu program kerja bidang Intelektual dan Sosial (Insos) Himpunan Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung. Walau di tengah pandemi Covid-19, semangat mahasiswa yang tergabung dalam Jupe tidak serta merta surut untuk menebarkan kepedulian terhadap sesama.

Kepala program studi Ilmu komunikasi Jurnalistik, Enjang Muhaemin, mengatakan program Jupe harus terus dilakukan secara konsisten walau dalam keadaan pandemi, “Ini merupakan bukti bahwa mahasiswa Jurnalistik selalu hadir dan peduli terhadap masyarakat. (Serta) senantiasa selalu peka terhadap keadaan sosial masyarakat,” ungkapnya saat dihubungi Jurnalposmedia, Sabtu (3/10/2020).

Ketua bidang Insos, Nina Nuriyah juga menambahkan bahwa pandemi tidak boleh menjadi penghalang terealisasinya program kerja Jupe, “Justru dengan adanya pandemi ini, Jupe semakin gencar dalam melakukan bantuan-bantuan sosial, walaupun dengan meminimalisir adanya pertemuan,” ujarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, tim Jupe telah melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga, seperti Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM), Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan rumah zakat.

Baru-baru ini, Jupe juga berhasil bekerja sama dengan ACT kota Sukabumi dalam penggalangan dana, guna membantu korban banjir bandang di Cicurug, Sukabumi. Selain itu, Jupe juga mengadakan program Jurnalistik Peduli lingkungan bersama para volunteer yang tergabung dari berbagai daerah.

“Selain galang dana untuk korban terdampak pandemi dan bencana alam, Jupe juga melakukan program penanaman pohon. (Dilakukan) sebagai bentuk peduli lingkungan, karena banyaknya bencana alam yang terjadi, (mengakibatkan) rusaknya lingkungan,” tambahnya.

Rencananya, Jupe juga akan mengadakan program Jurnalistik mengajar, walau di tengah pandemi. Nina menyebut hal ini belum bisa dipublikasikan, karena masih dalam tahap perancangan. Namun, ia berharap agar ke depannya banyak volunteer yang dapat mensukseskan program Insos ini.

“Semoga kedepannya akan banyak pihak yang terlibat dalam Jurnalistik peduli, dan semoga Jupe dapat terus menebarkan manfaat bagi masyarakat luas,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments