Fri, 23 February 2024

JPART, Terobosan Terbaru Bidang Seni HIMA Jurnalistik

Reporter: Tia Sutiarsih | Redaktur: Muhammad Fauzan P | Dibaca 141 kali

Thu, 2 May 2019
Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ) yang membawakan Tarian Kalang Sunda dalam pembukaan Jurnalistik Performing Art (JPART), di Teras Sunda Cibiru, Jalan Ahmad Nasution, Kota Bandung, Rabu (01/05/2019). (Tia Sutiarsih/ Jurnalposmedia).

JURNALPOSEMEDIA.COM—Ilmu komunikasi Jurnalistik kembali mengadakan acara dalam rangka memperingati Anniversary Jurnalistik (jufair). Sejumlah acara pun digelar salah satunya yaitu JPART (Jurnalistik ferforming art). Acara ini merupakan terobosan terbaru dari Hima Jurnalistik khususnya pada bidang seni. Acara bertemakan “Berkreasi Tanpa Batas Untuk Membangun Loyalitas” ini digelar di Teras Sunda Cibiru, Jalan Ahmad Nasution, Kota Bandung, Rabu (01/05/2019).

Pemotongan tumpeng oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Jurnaslitik, Encep Dul Wahab resmi membuka acara ini. Sebelumnya Seni Tari Mahasiswa Jurnalistik (STMJ)  membawakan tarian kalang sunda dalam pembukaan acara ini. Tak hanya STMJ, Riungan Suanten Jurnalistik (RSJ) pun ikut turut serta di dalamnya.

Ketua Pelaksana JPART, Restu Aji Aditya mengatakan, untuk rangkaian acara akan diisi oleh  penampilan setiap kelas. Di mana ada beberapa pilihan penampilam, mulai dari kabaret, monolog,  tari dan drama musikal. Selain itu akan ada juga penampilan dari UKJ (Unit Kegiatan Jurusan) Jurnalistik,  seperti Teater Pena, STMJ dan RSJ.

“Iya rangkaian acaranya kita akan mengadakan penampilan dari tidap-tiap kelas. Ada juga penampilan dari UKJ Jurnalistik,” ungkapnya saat ditemui Jurnalposmedia di sela-sela acara.

Aji mengaku persiapan untuk menyelenggarakan acara ini bisa dikatakan cukup baik. Karena menurutnya, semua panitia mau bekerjasama dan tidak ada hambatan yang begitu berarti. Saat ditanyai tentang mengapa ia dan rekan panitianya yang lain memilih mengadakan acara di Teras Sunda Cibiru, ia mengatakan sebenarnya ini merupakan rencana kedua. Rencana awal akan dilaksanakan di Gedung Abdjan Soeleman, UIN Bandung.

Ketua prodi Ilmu Komunikasi Jurnalsitik, Encep Dul Wahab sangat mengapresiasi acara ini. Menurutnya, acara ini bisa membuat kreatifitas mahasiswa jurnalistik muncul.

“Luar biasa, kreatif, inovatif, dan temen-temen bisa memperlihatkan kreatifitas kemampuan di bidang seni. Karena seorang jurnalis itu tidak hanya menguasai bidang jurnalistik. Tetapi harus menguasai bidang lain juga, seni salah satunya,” tuturnya.

Dirinya juga berharap acara seperti ini bisa terus dikembangkan dan tidak hanya ditingkat  jurusan saja, namun sampai tingkat nasional.

“Harapan saya harus terus ditingkatkan jangan (cepat) puas dengan prestasi dan kemampuan yang sudah kita miliki saat ini. Terus dikembangkan potensi-potensi yang ada, ditingkatkan lagi. Kalau bisa jangan hanya ditingkat jurnalistik atau HIMA saja, bahkan kalau bisa sampai tingkat nasional,” tutupnya.

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments