Sun, 21 July 2024

2 Tahun Daring, Wisuda ke-86 UIN Bandung Kembali Digelar Secara Luring

Reporter: Dimas Haikal/Siti Mariyam | Redaktur: M. Rizky Pratama | Dibaca 310 kali

Mon, 27 June 2022
Wisuda ke-86
Pelaksanaan Wisuda ke-86 UIN Bandung secara luring di Gedung Anwar Musaddad, Sabtu (25/6/2022). (Dimas Haikal/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COM – Setelah penantian panjang selama dua tahun, Wisuda ke-86 UIN Bandung akhirnya digelar secara luring dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube. Bertempat di Gedung Anwar Musaddad, sebanyak 1.000 wisudawan dan wisudawati dari 11 fakultas resmi dilantik pada 25-26 Juni 2022.

Pada wisuda kali ini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menduduki peringkat pertama dengan lulusan terbanyak, yakni 191 orang.

Meskipun Rektor UIN Bandung, Mahmud, tidak dapat hadir, acara tetap berlangsung secara khidmat dengan digantikan Wakil Rektor I, Rosihon Anwar.

“Beliau (Mahmud) tidak dapat hadir secara langsung karena pada saat ini. Beliau sedang mendapatkan tugas dari negara menjadi tim monitoring pelaksanaan haji 2022 bersama bapak Menteri Agama RI (Yaqut Cholil Qoumas),” ujar Rosihon Anwar, pada pidatonya, Sabtu (25/6/2022).

Rosihon menyampaikan doa dan rasa bangganya kepada peserta Wisuda ke-86. Ia berharap, para wisudawan dan wisudawati nantinya dapat meraih kesuksesan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan bangsa.

Penghargaan bagi Mahasiswa Berprestasi

Selain itu, terdapat sejumlah penghargaan yang diberikan kepada wisudawan serta wisudawati yang berprestasi, seperti penghargaan untuk kategori Hafidz Qur’an 30 Juz dan Anugerah Adhi Djati Utama untuk kategori mahasiswa peraih IPK tertinggi.

Penghargaan pertama untuk kategori Hafidz Qur’an 30 Juz diberikan kepada Mohammad Haekal Gifari dari jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi, kemudian Lutfiyah Arifin dari jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Selanjutnya penghargaan Anugerah Adhi Djati Utama untuk kategori mahasiswa peraih IPK tertinggi diberikan kepada:

1. Raihan Aqhsal Arighi dari jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan IPK 3,96

2. Habib Iman Nurdin Sholeh dari jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Program Magister dengan IPK 3,bc 95

3. Muslikhin dari jurusan Tasawuf Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dengan IPK 3,96

Bekerja Sama dengan Polda Jabar untuk Keamanan

Acara Wisuda ke-86 juga turut bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti Resimen Mahasiswa (Menwa), Korps Protokol Pramuka, dan Polda Jabar untuk pengamanan.

Kepala Keamanan Polda Jabar, Agus Budi Santoso mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta wisuda serta orang tua yang hadir.

“Jadi UIN bekerja sama dengan Polda Jabar dengan tujuan mengamankan fasilitas di sekitar UIN serta memperlancar acara wisuda. Terlebih, kami memfokuskan pelayanan parkir serta tempat duduk untuk para pendamping wisuda sehingga orang tua merasa dilayani oleh UIN sendiri,” tuturnya.

Salah satu orang tua peserta wisuda, Lalan Abdul Latif mengungkapkan antusiasnya menghadiri acara ini.

“Iya anak saya jurusan pendidikan Madrasah Ibtidaiah namanya Mutia Sholihah yang tadi dapat rangkingnya 3.80 sekianlah, sebagai orang tua bangga dan alhamdulillah sekarang saya bisa melihat wisuda secara offline,” pungkasnya.

 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments