Sat, 24 February 2024

Jarang Diketahui, Berikut 5 Jenis Perundungan Yang Perlu Kamu Pahami

Reporter: Zahra Pajriyanti Al'Husana | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 1926 kali

Thu, 28 July 2022
Sumber gambar : Zahra Pajriyanti A /Jurnalposmedia

JURNALPOSMEDIA.COM Perundungan atau Bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang kerap dilakukan oleh satu atau sekelompok orang yang lebih berkuasa dengan tujuan untuk menyakiti. Perundungan adalah pola perilaku, yang terjadi berkali-kali.

Memang dari dulu, masalah mengenai perundungan menjadi bahasan yang tidak pernah ada akhirnya. Selain merugikan korban, perundungan juga memberikan pengaruh buruk bagi para pelakunya.

Berdasarkan rangkuman dari tim Jurnalposmedia, berikut 5 jenis perundungan yang wajib kamu pahami, yaitu:

1. Verbal Bullying/Perundungan Verbal

Perundungan jenis ini biasanya ditunjukkan pada anak yang fisik, penampilan, sifat, atau latar belakang sosialnya berbeda dari anak-anak yang lainnya. Perundungan verbal juga biasanya berupa ejekan atau kalimat kasar yang bahkan sering kali tanpa sadar dilakukan.

Banyak pelaku pelaku perundungan verbal ini berdalih bahwa mereka hanya sedang melontarkan lelucon atau bercanda saja dan melabeli korban baperan jika merasa tersinggung dengan kalimat atau perkataan tidak menyenangkan yang mereka ucapkan.

2. Physical Bullying/Perundungan Fisik

Menurut National Center Against Bullying, jenis perundungan fisik bisa berupa menghalangi jalan korban, mendorong, memukul, menjambak hingga merusak barang. Berbeda jauh dengan tanda-tanda perundungan secara verbal, perundungan secara fisik dapat meninggalkan bekas yang mudah terlihat.

3. Social Bullying/Perundungan Sosial

Jenis perundungan lainnya yang juga cukup sering terjadi, yaitu perundungan sosial. Contoh perundungan sosial antara lain pengucilan atau intimidasi tidak langsung yang dilakukan secara berkelompok terhadap seseorang.

4. Cyber Bullying

Siapa disini yang suka berkomentar pedas atau negatif di dunia maya? Nah, zaman sekarang perundungan tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, tetapi perundungan di dunia maya atau cyber bullying kerap terjadi.

Cyber bullying memang tergolong baru karena baru muncul sejak media sosial dan internet marak di kalangan masyarakat. Munculnya haters yang sering kali memberikan komentar-komentar pedas pada laman media sosial merupakan salah satu contoh dari perundungan dunia maya.

5. Sexual Bullying

Pelecehan seksual dapat dikategorikan juga sebagai perundungan karena pelakunya memiliki motif negatif. Pelaku perundungan akan mengomentari, menggoda, berusaha mengintip bahkan menyentuh korban secara seksual.

Nah, itu dia jenis-jenis perundungan yang dapat terjadi dimana saja, mulai dari lingkungan sosial, rumah, sekolah, atau bahkan di dunia maya. Oleh sebab itu, penting sekali kamu memahami jenis-jenis perundungan ini agar kita tidak menjadi korban maupun pelaku perundungan.

Mulai sekarang perhatikan sikap diri sendiri juga, ya, karena bisa saja kamu melakukan perundungan tanpa kamu sadari.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments