Jangan Panik! Berikut ini Tips Sukses Menghadapi UAS Online

JURNALPOSMEDIA.COM –  Ujian Akhir Semester (UAS) merupakan rangkaian pengujian materi perkuliahan yang diselenggarakan pada akhir semester di tiap perguruan tinggi.

Sering kali UAS dapat menjadi beban bagi mahasiswa, baik mental maupun emosional. Hal itu disebabkan karena akumulasi (pengumpulan) jumlah materi yang ada dan waktu yang relatif singkat.

Apalagi, di masa pandemi ini yang menyebabkan aktivitas kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, termasuk dalam pelaksanaan UAS.

Beberapa pekan lagi mahasiswa akan dihadapkan dengan Ujian Akhir Semester. Salah satu mahasiswi Universitas Islam Nusantara, Neng Rina membagikan tips agar sukses menghadapi UAS meskipun dilakukan secara online.

Berikut ini tips-tips yang dilakukan Neng Rina dalam menghadapi UAS online.

1. Cek Jadwal yang Ditentukan

Pastikan kita belajar dengan mata pelajaran yang telah ditentukan dan jangan lupa cek jadwal waktu pengerjaannya.

2. Hindari Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)

Menurut Neng Rina hindarilah cara belajar yang seperti ini, karena sering kali dapat membuat keteteran dalam mempelajari materi. Selain itu, hasil belajar tidak akan maksimal.

3. Siapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Misalnya seperti handphone, laptop, charger, dan alat tulis serta pastikan kuota yang cukup untuk menghadapi ujian.

4. Pilih Tempat Ujian yang Nyaman

Usahakan cari tempat yang nyaman, jauh dari gangguan suara, dan mendapat pencahayaan yang baik. Dengan memilih tempat ujian yang nyaman, kita bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian nantinya.

5. Kerjakan Soal dengan Teliti

Biasanya kalau ujian online, apalagi ketika soalnya pilihan ganda, terkadang kita terburu-buru dalam memilih jawaban. Usahakan, baca soal dengan teliti, pilih jawaban yang tepat dan jangan terburu-buru.

6. Berdoa

Ini adalah poin yang paling penting, setelah semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Jangan lupa berdoa agar diberi kelancaran dalam mengerjakan UAS dan diberi hasil yang maksimal.

Jangan lupa juga untuk meminta restu orang tua sebelum UAS agar hati menjadi tenang.

“Jangan panik atau stres dalam mengahapi UAS dan jangan menganggap remeh UAS. Meskipun prosesnya dilakukan secara online, tetap jaga konsistensi sebagai mahasiswa agar hasilnya maksimal,” tutupnya, Jumat (11/6/2021).

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.