Fri, 21 June 2024

Hari Persahabatan Sedunia 2021, Momentum Eratkan Hubungan Pertemanan Kala Pandemi

Fri, 30 July 2021

JURNALPOSMEDIA.COM – Hari Persahabatan Sedunia atau World Friendship Day diperingati setiap tanggal 30 Juli. Utamanya, hari tersebut diperingati sebagai solidaritas antar umat manusia yang sudah seharusnya menjalin hubungan baik.

Pada tahun-tahun sebelumnya Hari Persahabatan dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menghabiskan waktu bersama teman, melakukan bantuan kemanusiaan, sampai membuat surat tertulis kepada teman yang jauh.

Begitupun di media sosial, para netizen dari penjuru dunia membuat trending topik di Twitter dengan #FriendshipDay. Selain itu, kampanye juga turut disuarakan oleh United Nations Children’s Fund (UNICEF).

Bahkan UNICEF bekerjasama dengan Boy Group asal Korea Selatan BTS untuk mengkampanyekan #EndViolence. Hastag tersebut sempat trending topic di Twitter pada 2019 lalu.

 

Sejarah Singkat Hari Persahabatan Sedunia

Pada awalnya tidak ada yang namanya Hari Persahabatan di negara manapun. Tahun 1930, seorang pengusaha kartu asal Amerika Serikat bernama Joyce Hall mengusung ide agar merayakan hari-hari tertentu dengan memberikan kartu ucapan. Perusahaan yang bernama Hallmark Cards itu membuat program pesanan melalui kartu pos bergambar.

Tak disangka apa yang dilakukan oleh perusahaan tersebut ternyata disukai oleh masyarakat Amerika dan dijadikan rutinitas pada hari tertentu. Hal ini membuat masyarakat menginginkan kartu ucapan kepada sahabat, teman, dan kerabatnya.

Akhirnya kegiatan tersebut menjadi cikal bakal Hari Persahabatan Sedunia setiap 31 Juli yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 27 April 2011. Sebelumnya peringatan hari pertemanan tersebut sudah diajukan oleh UNESCO pada 1997.

Alasan utamanya yaitu Culture of Peace yang didefinisikan sebagai seperangkat nilai-nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan mencegah konflik antarsesama. Selain itu jika terjalin persahabatan antarmasyarakat maka akan terbentuk Negara yang aman.

Cara Memperingati Hari Persahabatan Saat Pandemi

Mewabahnya Covid-19 membuat jarak yang renggang antara kita semua. Namun, hal tersebut bukan berarti memutus hubungan dengan teman-teman, atau sahabat. Mungkin 4 hal ini bisa kamu lakukan sebagai cara memperingati Hari Persahabatan dikala pandemi:

  1. Menulis Ucapan kepada Teman

Mengirimkan sebuah tulisan dalam bentuk surat memang terkesan jadul, tetapi justru akan menciptakan kesan tersendiri. Mengingat saat ini era digital dan sangat jarang orang mengirimkan surat kepada teman ataupun kerabatnya.

  1. Melakukan Kegiatan Bersama Secara Online

Meskipun jauh dan terbatas, teknologi saat ini sangat memungkinkan kita bisa bertemu secara langsung walaupun secara virtual. Kamu bisa melakukan video call bersama teman-temanmu dengan memanfaatkan aplikasi yang menyediakan fitur tersebut.

  1. Membuat Karya di Media Sosial

Era digital yang serba mudah menjadikan karya yang dipublikasikan memungkinkan siapa saja dapat mengaksesnya. Memberikan teman sebuah karya seperti ucapan digital atau poster adalah hal baik yang bisa kamu lakukan.

  1. Mengirim Hadiah Kejutan

Bayangkan jika teman kamu tiba-tiba mendapat kiriman darimu yang tidak memberi kabar sebelumnya. Mungkin saja dia akan membalasnya juga dengan memberimu sesuatu yang kamu sukai.

Sesuatu kecil sekalipun jika ditujukan kepada teman dengan tulus maka ia akan merasa bahagia karena kepedulianmu.

Hari Persahabatan di Berbagai Negara

Jika seluruh dunia, termasuk Indonesia memperingati Hari Persahabatan (Best Friend Day) pada 30 Juli, maka berbeda dengan negara-negara ini yang justru memperingatinya di tanggal yang berbeda.

  1. Oberlin Friendship Day (8 April)

Peringatan ini dilakukan di Oberlin, Ohio, Amerika Serikat. Hari tersebut dilatarbelakangi oleh persahabatan sang pendiri kota yaitu John Jay Shipherd dengan menteri Philo Stewart pada 1832.

Mereka berhasil membuat masyarakat Kota Oberlin menjadi religious dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan. Maka dari itu, masyarakat di sana memperingati Oberlin Friendship Day.

  1. Hari Pertemanan Argentina (20 Juli)

Di Argentina, hari pertemanan dirayakan dengan cara bertukar ucapan persahabatan kepada semua orang. Melalui cara apapun mereka melakukan hal itu, bahkan penyedia layanan jaringan SMS pernah mengalami overload karena saking banyaknya ucapan.

  1. National Best Friend Day Amerika Serikat (8 Juni)

Seluruh masyarakat Amerika Serikat biasa merayakan hari persahabatan pada 8 Juni. Biasanya pada tanggal tersebut media sosial Twitter akan diramaikan dengan #NationalBestFriendDay.

  1. Hari Pertemanan di India (6 Agustus)

Society for the Confluence of festival of India (SCFI), organisasi pelestari kebudayaan dan festival India mempercayai jika minggu pertama di bulan Agustus adalah minggu pertemanan. Harapannya yaitu orang-orang menghidupkan kembali semangat kekeluargaan dan silaturahmi pada minggu tersebut.

  1. Hari Persahabatan Nasional Indonesia (28 Mei)

Hari Persahabatan Nasional diusulkan pada 28 Mei oleh kalangan alumni SLTA Indonesia angkatan 1986, atau yang disebut anak-anak “Silverian86.” Hal ini dilakukan agar masyarakat Indonesia bisa menghargai pertemanan dan juga persahabatan.

Jangan sia-siakan pertemanan, karena persahabatan yang langgeng hadir dari kesetiaan dan cara berteman yang sehat. Penulis asal Indonesia, Deassy M. berkata “Orang lebih memerlukan kehadiran, perhatian dan kepedulian”.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga hari-hari mu menyenangkan. Jangan lupa untuk membaca tulisan menarik lainnya di Jurnalposmedia.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments