Fri, 23 February 2024

Keutamaan dan Niat Puasa Bulan Muharam

Reporter: Sopiyani Solihah | Redaktur: Annisa Azahra N | Dibaca 186 kali

Wed, 26 July 2023
Ilustrasi: istockphoto.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Bulan Muharam adalah bulan pertama dalam kalender hijriyah. Pada bulan ini terdapat banyak keutamaan, salah satunya ialah puasa sunah.

Mengutip dari artikel NU Online, ada tiga hari yang dianjurkan untuk berpuasa, yaitu tanggal 10 Muharam, satu hari setelahnya, dan satu hari sebelumnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, 1 Muharam 1445 H jatuh pada tanggal 19 Juli 2023. Maka, berikut jadwal puasa pada bulan Muharam tahun ini:

  •  Puasa 9 Muharam (Tasu’a): Kamis, 27 Juli 2023
  • Puasa 10 Muharam (Asyura): Jumat, 28 Juli 2023
  • Puasa 11 Muharam: Sabtu, 29 Juli 2023

Niat Puasa Muharam

1. Niat Puasa Muharam secara umum

صَوْمَ الْمُحَرَّمِ لِلّٰهِ تَعَالَى نَوَيْتُ

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’âlâ.”

2. Niat Puasa Tasu’a

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُوعَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Tâsû’â-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Tasu’a karena Allah ta’âlâ.”

3. Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ.”

Keutamaan Puasa Muharam

Selain dari bulan Ramadan, puasa pada bulan Muharam juga sangat dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah keutamaan puasa pada bulan Muharam yang Jurnalposmedia kutip dari beberapa sumber:

1. Diriwayatkan oleh Imam Nasai, Rasulullah melaksanakan puasa pada Bulan Muharam dan menyuruh sahabat untuk melakukannya pula.

Nabi Muhammad SAW. Bersabda “Sesungguhnya Muharam adalah bulannya Allah yang di dalamnya tepat menjadi hari bertaubat umat islam atas dosa-dosa yang terdahulu,”

2. Diceritakan puasa Muharam adalah puasa dengan tingkatan pahala satu tingkat dibawah bulan Ramadan. Sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW. bersabda

“Puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah salat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

3. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abi Qatabah, Rasulullah ditanya oleh para sahabat mengenai puasa Asyura dan Rasulullah menjawab “Puasa Asyura dapat melebur dosa satu tahun sebelumnya,”

4. Selain itu, pada bulan Muharam, jika kita melaksanakan satu hari puasa yaitu tanggal 10 Muharam, maka Allah janjikan pahala 10.000 malaikat, 10.000 ibadah haji dan umrah, dan 10.000 pahala orang yang mati syahid.

5. Selain empat riwayat di atas, diriwayatkan pula oleh Imam Baihaqi, Rasulullah juga memerintahkan para sahabat untuk berpuasa di tanggal 9 dan 10 Muharam agar tidak sama dengan umat yahudi yang berpuasa hanya pada tanggal 10 Muharam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments