Sun, 21 April 2024

Empat Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih, Kapan Saja ?

Reporter: Tasya Shofa Hanifah | Redaktur: Siti Barkah | Dibaca 320 kali

Fri, 10 June 2022
Sumber : Freepik.com

JURNALPOSMEDIA.COM – Air putih merupakan suatu hal yang wajib dikonsumsi oleh tubuh karena tubuh kita hampir 80 persennya terdiri dari cairan. Faktanya, masih banyak orang yang kurang memperhatikan asupan air putih untuk memenuhi cairan tubuhnya. Padahal, tubuh kita harus minimal menerima dua liter atau delapan gelas air per harinya.

Mungkin masih banyak yang bingung nih, kapan saja waktu yang tepat untuk meminum air putih sebanyak dua liter tersebut. Menurut Dimun L. Raja dalam bukunya ‘Penyembuhan Ajaib: Tanpa Efek Sampingan’ ada empat waktu minum yang tepat bagi tubuh, yakni:

1. Dua Gelas Setelah Bangun Tidur

Sebelum beraktivitas dan pergi ke kamar mandi, kamu bisa terlebih dahulu untuk minum air putih. Namun, air minum yang digunakan bukanlah air dingin, tetapi gunakanlah air  hangat.

Menurut Dimun L. Raja, mengkonsumsi air hangat lebih bagus ketimbang minum air dingin berfungsi sebagai sumber tenaga berbeda dengan air dingin karena panas dari tubuh akan diserap untuk memanaskan air dingin dalam lambung sehingga sumber tenaga akan berkurang.

Jadi pada malam hari kamu bisa menyiapkan air panas pada termos di samping tempat tidur sehingga pada saat kamu bangun tidur, kamu bisa langsung meminumnya.

2. Dua Gelas Diantara Makan Pagi dan Makan Siang

Sebelum makan siang, kamu bisa terlebih dahulu untuk minum air hangat, tetapi, minum air baik bisa dilakukan kira-kira dua jam seelum makan atau sesudah makan. Hindarilah minum pada waktu makan karena hal tersebut bisa mengganggu pencernaan dalam perut.

3. Dua Gelas Di Antara Makan Siang dan Makan Malam

Di antara makan siang dan sebelum makan malam, kamu bisa terlebih dahulu untuk minum dua gelas air putih. Perlu diperhatikan, bukan minum yang manis ya, ataupun air putih dengan es tetapi alangkah baiknya apabila mengkonsumsi air putih hangat.

4. Dua Gelas Sebelum Tidur

Sebelum tidur, kamu minum bisa meminum dua gelas air hangat. Hal ini dimaksudkan, agar kamu bisa tertidur lebih nyaman dan nyenyak. Asupan air putih saat malam hari sebelum tidurpun akan membantu kamu bangun dalam keadaan segar di pagi hari.

Apabila kamu sudah melakukan cara minum di waktu yang benar, maka hal ini dapat membuat organ-organ yang ada dalam tubuh kamu bisa memperoleh air yang cukup. Badan akan terasa lebih segar, kuat, selera makan yang lebih baik, dan membuat tidur lebih nyenyak. Minum air putih yang benar dan berarturan juga dapat membuat tubuh sukar diserang penyakit. Maka dari itu, jangan lupa untuk minum air putih!

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments