Wed, 22 May 2024

Demos Cafe Ajak Anak Muda Senang Berdakwah lewat Lomba Kultum

Reporter: Lia Reliya Berliana dan Fitria Hanifah | Redaktur: Silmy Kaffah Mardhotillah | Dibaca 219 kali

Thu, 4 April 2024
Salah satu peserta lomba kultum menampilkan penampilannya di Demos Cafe (Sumber Foto: Rafli Al Muta'aly/Jurnalposmedia)

JURNALPOSMEDIA.COMDemos Cafe menggelar kegiatan Ramadan Berkah dengan berisikan lomba kultum yang dihadiri oleh banyak mahasiswa aktif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 25 Maret2 April 2024.

Mengusung tema “Mewujudkan Generasi Muda Bertakwa dan Berprestasi di Era Digitalisasi” ajang ini menyoroti upaya positif dalam berdakwah di kalangan generasi muda.

Ketua pelaksana, Lista Amalia menjelaskan tujuan diadakan kegiatan lomba kultum di Demos Cafe ini mengajak mahasiwa untuk meramaikan kegiatan pada bulan Ramadan.

“Ini tuh sebenarnya lomba kultum karena sekarang lagi Ramadan, maka dari itu aku pengin ngadain nih acara kultum buat anakanak mahasiswa daerah UIN terus sekitar yang lima kilometer jangkauan dari kita, kayak UMB, Bakti Kencana,” jelasnya saat diwawancarai Jurnalposmedia pada Selasa (02/04/2024).

Lista juga menambahkan alasan diadakan kegiatan ini sebagai upaya untuk memperluas jaringan dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan positif di lingkungan sekitar dengan memfasilitasi berbagai kepentingan seperti rapat dan lomba-lomba bagi mahasiswa.

“Karena target pasar acara ini untuk mahasiswa, jadi aku tuh nariknarik lah yang mahasiswa sekarang butuhin dan kayak misalkan buat mahasiswa yang suka nyanyi, kita memfasilitasi lomba karaoke, bisa juga buat misal orang mau ngadain rapat atau kegiatan tapi enggak ada tempat, bisa di sini gitu, ungkapnya.

Demos Cafe memastikan penyebaran informasi lomba kultum melalui berbagai media, termasuk media online, website, TikTok, dan platform media sosial lainnya, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Selain diikuti oleh mahasiswa aktif, lomba kultum ini juga terbuka untuk umum, memperluas kesempatan bagi siapa pun yang ingin berpartisipasi dalam ajang dakwah ini.

Salah satu peserta, Hayun Halimatul Umah mengungkapkan rasa ketertarikannya untuk mengikuti lomba di Demos Cafe.

“Karena menurut saya sendiri dakwah tuh menjadi suatu kewajiban sehingga dakwah dimana pun itu, mau di kafe, di majelis, aku ikut,” ucapnya.

Di satu sisi, salah satu peserta lain, Rofiq Rijal mengatakan tantangan dan harapannya mengikuti lomba kultum di Demos Cafe.

“Harapan saya sih lebih terbiasa gitu, karena kultum di tempat-tempat seperti ini karena jarang banget di suatu pengajian isinya anak muda. Pembawaannya pun harus kita betul-betul menyesuaikan karena kan beda kalau emakemak tuh pasti fokus semuanya, nah kalau di anak muda itu tantangannya luar biasa,” pungkasnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments