Peringati Hari Lahir Pancasila, Alam Jabar Adakan Dialog Kebangsaan

JURNALPOSMEDIA.COM – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Aliansi Mahasiswa Jawa Barat bekerja sama dengan DPD RI Jawa Barat mengadakan dialog kebangsaan.

Selain itu, kegiatan ini berkolaborasi dengan organisasi yang ada di Jawa Barat. Di antaranya, Aji Dipa, Poetra Mahkota, Kharisma Nusantara Alami, dan Peta.

Kegiatan yang mengusung tema “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Mempertegas Kembali Identitas Kebangsaan Sebagai Upaya Mendorong Kebangkitan Nasional” telah dilaksanakan pada Senin, (31/5/2021) di Sekretariatan DPD RI Jawa Barat.

Acara ini diawali dengan sambutan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan dilanjutkan dialog bersama pembicara yaitu Eni Sumarni (anggota DPD RI), dan Irene Camelyn Sinaga (Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan).

Turut hadir juga, Abah Alam (Tokoh Masyarakat Sunda), serta Aswin Sulaeman Utama dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kota Bandung.

Irene Camelyn Sinaga selaku pembicara mengatakan, Indonesia berdiri tidak hanya untuk satu golongan melainkan semua suku, ras dan agama.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang sangat positif, karena memang pancasila itu sebagai dasar negara harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Uu Ruzhanul Ulum.

Acara tersebut bertujuan untuk menyalakan kembali semangat kebangsaan di masyarakat, karena melihat situasi dan kondisi masih dalam pandemi Covid-19.

“Dengan dihadirkannya pemateri-pemateri ini, bisa memberikan energi positif bagi para peserta. Harapannya, peserta bisa merealisasikan kembali nilai-nilai pancasila dalam situasi dan kondisi apapun,” ujar Ipang Gajayana Mahardhika Ketua Umum Alam Jabar.

Sebagai penutup, Ipang mengatakan, ada tiga poin penting yang dikutip dari lagu Indonesia Raya. Yaitu, mari kita berseru Indonesia, mari kita mendoa Indonesia bahagia dan mari kita berjanji Indonesia abadi.

 

Sumber: Press Release Humas Aliansi Mahasiswa Jawa Barat

Rekomendasi

Leave A Reply

Your email address will not be published.