Sun, 21 July 2024

Selamat! Sebanyak 184.942 Peserta SBMPTN 2021 Dinyatakan Lolos

Reporter: Muhammad Rizky Pratama/Magang | Redaktur: Suryadi | Dibaca 424 kali

Tue, 15 June 2021
SBMPTN 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. (Sumber: ltmpt.ac.id)

JURNALPOSMEDIA.COM – Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 sudah diketahui hasilnya pada Senin (14/6/2021) pukul 15.00 WIB. Untuk mengetahui hasil SBMPTN 2021, peserta dapat mengakses laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau melalui laman mirror yang disediakan.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, pengumuman hasil SBMPTN hanya bisa diakses peserta dan sifatnya individu (pribadi). Peserta dihimbau untuk menjaga nomor peserta dan data lainnya.

“Proses hasil seleksi adalah data atau informasi yang sifatnya individu, orang lain yang tidak punya nomor peserta tidak bisa mengakses. Oleh karena itu, kami mohon para peserta untuk bisa menjaga nomor peserta atau data lain. Biar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya dalam siaran pers pengumuman hasil SBMPTN 2021, Senin (14/6/2021).

Dari jumlah 777.858 siswa yang mendaftar UTBK-SBMPTN 2021. Peserta yang dinyatakan lulus sebanyak 184.942 peserta dengan persentase 23,73 persen. Terdiri dari 85.149 peserta tes Saintek, 83.836 peserta tes Soshum, dan 15.957 peserta tes campuran yang dinyatakan lulus.

Nasih mengingatkan, peserta yang dinyatakan lulus untuk segera melakukan daftar ulang. Perserta dapat melihat persyaratannya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan.

“Persyaratan pendaftaran calon mahasiswa baru, mohon diperhatikan. Karena setiap perguruan tinggi akan mempunyai persyaratan dan jadwalnya masing-masing,” tegasnya.

Ia berharap, bagi peserta yang belum lulus untuk tetap semangat karena masih banyak peluang dan jalur lain untuk masuk PTN yang diinginkan.

“Yang belum lulus seleksi masih cukup banyak jalur yang bisa ditempuh. Masih ada peluang di jalur mandiri, politeknik, D3 dan D4, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” tuturnya.

Salah satu peserta, Salsabila mengungkapkan rasa syukur setelah dinyatakan lulus pada jalur SBMPTN. Meski bukan PTN yang diharapakan, ia tidak menyangka akan lulus SBMPTN 2021.

“Kalo sesuai (keinginan) enggak karena keterima dipilihan kedua. Tapi lebih ke bersyukur, karena tetap keterima walau bukan di PTN pilihan pertama” ujarnya.

Ia berpesan, agar peserta yang belum lulus SBMPTN untuk tidak larut dalam kesedihan. “Yang paling penting tetap berdoa, berusaha, berhusnuzan dan bergantung pada Tuhan yang maha kuasa,” tutupnya.

Bagikan :
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments